Serambi Ummah

Tiga Duka Rasulullah Sebelum Terjadinya Isra Mikraj

Ada tiga peristiwa yang menyebabkan Rasulullah sangat berduka cita sebelum kemudian Allah SWT memperjalankan Beliau di malam hari melalui perjalanan

Tiga Duka Rasulullah Sebelum Terjadinya Isra Mikraj
NET
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ada tiga peristiwa yang menyebabkan Rasulullah sangat berduka cita sebelum kemudian Allah SWT memperjalankan Beliau di malam hari melalui perjalanan yang disebut Isra Mikraj.

Itulah, menurut Ustadz H Amanto Suryalangka, masa yang paling berat harus dilalui Rasulullah SAW padahalketika itu Islam baru memasuki tahun-tahun awal disebarkan dan mendapat tantangan teramat sadis dari kaun Jahiliyah.

Pertama, ujar ulama ini ketika memberikan kajian Alquran dan Sunnah rasul di Mmasjid Al Jihad Banjarmasin bada Salat Magrib, adalah meninggalnya istri tercinta Beliau yaitu St Khadijah, perempuan terpandang, kaya raya dan berbudi tinggi yang sangat mendukung dakwah Rasul.

Kedua, tak lama berselang meninggal pula paman Beliau yaitu Abu Thalib, salah seorang pemimpin Quraisy yang sangat disegani masyarakat Mekkah saat ini.

Walau toh sang paman tidak mau memeluk Islam, tetapi dialah yang melindungi dakwah Rasul dari kezaliman bangsa Quraisy.

“Yang ketiga adalah kedatangan Rasullah ke Kota Thaib untuk penjajagan hijrah yang ternyata disambut dengan lemparan batu oleh para preman dan warga kota itu di setiap langkah kedatangan Rasulullah sehingga beliau berdarah-darah,” ujar ulama ini.

Rasulullah akhirnya meninggalkan kota itu dengan sangat duka.

Ketiga peristiwa yang waktunya berdekatan ini, menurut Amanto, diakui Rasulullah sebagai masa duka terberat dalam hidup Beliau hingga kemudian Allah SWT memperjalankan Isra Mikraj ini.

Penulis: Umi Sriwahyuni
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help