Waduh! Semua Siswa IPA Reguler di SMA Ini Tak Lulus SNMPTN, Orangtua Protes ke Sekolah

Mayoritas orangtua menganggap ada kesalahan dalam penginputan Pangkalan Data Siswa dan Sekolah, sehingga para siswa tidak ada yang lulus

Waduh! Semua Siswa IPA Reguler di SMA Ini Tak Lulus SNMPTN, Orangtua Protes ke Sekolah
net
SNMPTN 2014

BANJARMASINPOST.CO.ID, SEMARANG - Ratusan orangtua siswa SMA Negeri 3 Semarang mempertanyakan ketidaklulusan putra-putri mereka dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Semua siswa jurusan IPA reguler yang berjumlah 380 orang tidak ada yang lolos SNMPTN.

Dalam pertemuan dengan Kepala SMAN 3 Semarang Bambang Nianto Mulyo di Krakatau Ballroom Hotel Horison, Semarang, Selasa (10/5/2016), para orangtua siswa itu mendesak agar pihak sekolah melakukan klarifikasi.

Mayoritas orangtua menganggap ada kesalahan dalam penginputan Pangkalan Data Siswa dan Sekolah, sehingga para siswa tidak ada yang lulus SNMPTN. Hal itu karena persebaran tidak lolosnya siswa bisa seragam, yakni di jurusan IPA reguler saja.

Bambang mengatakan, banyak siswa SMAN 3 Semarang dari jurusan lain yang lolos SNMPTN. "Ada 14 siswa akselerasi IPA dan 22 siswa IPS yang lolos SNMPTN," ujarnya seperti dikutip Tribun Jateng.

Bambang tidak bisa menjelaskan secara rinci faktor apa yang melatarbelakangi tidak lulusnya 380 siswa IPA sekolahnya di SNMPTN. Ia menyatakan bahwa semua kewenangan berada di panitia pusat SNMPTN. Ia belum mendapat informasi rinci soal hal itu.

Jawaban itu tidak memuaskan para orangtua siswa naik pitam. Sapto Widodo, salah satu wali murid, mendesak Bambang untuk mengirim surat dan mendatangi langsung ketua panitia SNMPTN.

"Jangan hanya menunggu informasi melalui telepon, kirim surat resmi, kalau perlu ajak kami orangtua untuk datang langsung kita minta kejelasan bersama," kata Sapto.

Sapto sangat penasaran dengan penyebab anaknya tidak lolos. Putranya yang mendaftar di program studi Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada memang masih punya kesempatan lagi untuk mendaftar melalui jalur lain, yakni SBMPTN. Namun, ia meminta ada jawaban yang memuaskan.

"Kalau mendaftar lagi pasti kami lakukan, tapi bukan itu masalahnya, sebab ini harus ada jawaban," kata dia.

Salah satu orangtua murid SMAN 3 Semarang, yang putranya tidak lolos SNMPTN, adalah Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) Masrukhi. Ia merasa heran karena tidak satu pun siswa dari kelas jurusan IPA lolos SNMPTN.

"Padahal dari segi prestasi tidak bisa dipandang sebelah mata, ada yang juara olimpiade tingkat nasional, hingga melakukan berbagai penelitian yang bagus. Namun sebabnya apa kami belum tahu, hal ini biar diselidiki terlebih dahulu," katanya kepada Tribun Jateng.

Kepada awak media, Bambang menyampaikan bahwa pihaknya menerima seluruh masukan dari orangtua. Ia juga akan segera menindak lanjuti masukan dan akan mencoba berkunjung ke Ketua Panitia SNMPTN.

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved