satuHATIselamatdijalan

Tips Aman Berkendara, Gunakanlah Sepatu seperti Ini

Buat kamu yang suka melakukan touring motor setiap akhir pekan, pasti paham betul soal safety gear atau perlengkapan keselamatan.

Tips Aman Berkendara, Gunakanlah Sepatu seperti Ini
istimewa
Sepatu boot yang banyak dipakai pengendara sepeda motor. Sepatu boot yang tingginya sampai mata kaki menjadi salah satu sepatu aman dan disarankan untuk pengendara sepeda motor. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Buat kamu yang suka melakukan touring motor setiap akhir pekan, pasti paham betul soal safety gear atau perlengkapan keselamatan.

Safety gear bukan saja soal helm, sarung tangan dan juga jaket, tapi juga sepatu.

Sebab, anggota badan yang satu ini cukup sering mengalami cedera saat terjadinya kecelakaan selama naik kendaraan bermotor. Tapi, memilih sepatu untuk berkendaraan jangan sembarangan. Pilihlah jenis sepatu yang memang pas buat bikers.

Corporate Communication PT Honda Trio Motor Banjarmasin, Sauqi Maulana, punya tips bagi para pengendara motor atau bikers dalam memilih sepatu yang aman dan nyaman untuk berkendara.

“Di pasaran, ada beberapa tipe sepatu yang bisa dipilih. Sepatu tipe standar yang panjang dan menutupi sampai pergelangan kaki salah satu yang dianjurkan. Sepatu tipe ini berfungsi untuk memberikan perlindungan dari panas knalpot,” ujarnya mencontohkan, Senin (16/5/2016).

“Kalau bisa sih cari sepatu yang ada bantalan shifter-nya. Sepatu yang ada shifter-nya bisa membuat pemakainya lebih nyaman, dan sepatu akan tahan lama,” tambahnya.

Bagi pengendara motor sport dengan sistem perpindahan gigi kopling, juga sangat tidak disarankan menggunakan sepatu pantofel atau sepatu biasa karena bisa cepat rusak.

Maklum saja, gerakan seperti mencongkel saat memindahkan gigi rentan membuat punggung sepatu tertekuk sehingga cepat rusak.

Sangat dianjurkan memilih sepatu bikers yang terbuat dari bahan goretex atau antiair. Sepatu berbahan ini akan membuat air sulit menembus bagian kaki.

“Kalau cuma gerimis doang sih, dijamin enggak tembus tuh!,” katanya.

Sebenarnya, sepatu yang aman dan nyaman untuk berkendara tidak harus mahal dan dari merek ternama. Yang penting adalah kondisi bahannya yang bagus dan tebal namun tetap nyaman digunakan.

Menurut Sauqi, kadang sepatu untuk berkendara juga punya desain yang cukup keren untuk dipakai sehari-hari, misalnya model sepatu boot yang cukup modis dan keren.

Namun diingatkan dia, sepatu juga harus dirawat agar awet. Simpan di tempat yang kering dan tidak berdebu. Bahan kulit asli atau sintetis tetap harus rajin disemir.

Dengan sepatu yang keren dan aman, tentu naik motor menjadi lebih percaya diri dan tenang.

Penulis: Anjar Wulandari
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved