Setiap Sanggar di Balangan Bakal Terima Dana Pembinaan Rp 3 Juta

Setidaknya saat ini jumlah sanggar di Bumi Sanggam sekitar 20, pihak pemerintah berencana akan memberikan bantuan

Setiap Sanggar di Balangan Bakal Terima Dana Pembinaan Rp 3 Juta
banjarmasinpost.co.id/elhami
Tim kesenian Balangan tampil membawakan Tarian Ulai Haduk di acara Gelar Seni Serumpun. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Balangan di soal, selama ini dinilai tergerus tak beregenerasi dan stagnan. Permasalahan ini menjadi perhatian oleh pemerintah Kabupaten Balangan.

Setidaknya saat ini jumlah sanggar di Bumi Sanggam sekitar 20, pihak pemerintah berencana akan memberikan bantuan, masing-masing sanggar agar tetap eksis dan terus beregenarasi.

Kadisbudparpura Balangan HM Hifni Effendi dalam suatu kesempatan menyampaikan regenerasi mutlak harus dilakukan oleh pelaku sanggar di Kabupaten Balangan, menurutnya persoalan kesenian dan kebudayaan itu sendiri lebih kepala pelakunya.

"Kalau ingin lestari, harus dimulai dari pelaku seni itu sendiri. Mereka harus melakukan regenerasi selanjutnya, harusnya sejak awal dilakukan," katanya.

Namun sebagai pemangku dinas terkait Hifni menegaskan pihaknya terus berkomitmen untuk terus mengembangkan kesenian dan kebudayaan di Bumi Sanggam.

"Ada sekitar 20 sanggar seni yang ada di Balangan, tahun ini akan kami beri dana pembinaan sebesar Rp 3 juta, akan kami sampaikan di APBD Perubahan," ungkapnya.

Tak hanya itu pihaknya bersama bupati juga sudah merumuskan bbahwa dalam waktu dekat akan dibangun gedung sanggar seni di Balangan.

Menurutnya keberadaan gedung ini diharapkan mampu mengembangkan dan mengeksiskan keberadaan sanggar seni di Kabupaten Balangan, sehingga diharapkan juga tercipta generasi berkelanjutan.

"2018 bakal sudah terbangun, ini sudah dirumuskan, bahkan desainnya sudah ada, anggarannya diperkirakan Rp 15 miliar lebih," katanya.

Hifni mengharapkan, kepada sanggar yang ada di Balangan agar terus melakukan regenerasi, agar tak tergerus arus zaman.

Penulis: Elhami
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help