Kebijakan Harga Daging Sapi Impor Per Kilo Rp 80 Ribu Ancam 5,3 juta Peternak

Wakil Ketua Komisi IV DPR, Daniel Johan mengingatkan Pemerintahan Joko Widodo agar tidak memaksakan harga daging sapi impor Rp 80.000 ribu

Kebijakan Harga Daging Sapi Impor Per Kilo Rp 80 Ribu Ancam 5,3 juta Peternak
banjarmasinpost.co.id/faturahman
Para pedagang yang menjual daging sapi di Pasar Besar Palangkaraya

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IV DPR, Daniel Johan mengingatkan Pemerintahan Joko Widodo agar tidak memaksakan harga daging sapi impor Rp 80.000 ribu per kilogram karena dengan cara itu akan mematikan peternak sapi yang ada di Indonesia.

“Ada sekitar 5,3 juta peternak sapi yang terancam dengan harga patokan itu, karena harga daging sapi dari peternak kita bisa jual Rp 80.000 ke atas, itupun untungnya minim sekali,” kata Daniel saat menjelaskan soal antisaipasi harga daging menjelang Ramadan dan Idul fitri mendatang, di Gedung DPR RI, Kamis (2/6).

Menurutnya, sangat disesalkan soal antisipasi harga menjelang puasa dan Idulfitri selalu saat waktu yang sempit. Semestinya setengah satu tahun dulu sudah diantisipasi.

“Jangan kebiasaan dekat-dekat hari besar, diantisipasi. Kemana saja para menteri terkait untuk antisipasi harga-harga menjelang hari besar itu,” ujarnya bertanya.

Peternak sapi sekarang ini, ucapnya, dalam kondisi menjerit karena harga pakan mahal, jika dihitung daging segar satu ekor saja, satu kilogram lebih Rp 80.000.

Menurutnya, jangan juga mengambinghitamkan mafia, karena persoalan yang dihadapi adalah bagaimana menata agar tatanan impor terkontrol dengan baik.

“Kita ini garam saja impor, lain lagi bawang putih, gula, kedelai. Jika tidak ditata dengan baik, maka harga pun tidak terkendali,” tegasnya.

Penulis: H. Murjani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help