Pilunya, Berat Badan Bocah Yatim Berusia 13 Tahun Ini Setara Bayi Dua Bulan

"Jangan makan dan menyuapi mulutnya sendiri, Zakiah masih harus dirawat dan dijaga layaknya bocah yang baru lahir," sebutnya.

Pilunya, Berat Badan Bocah Yatim Berusia 13 Tahun Ini Setara Bayi Dua Bulan
kompas.com
Diduga menderita gangguan saraf setelah megalami demam tinggi hinga kejang-kejang, Zakiah bocah 13 tahun asal Pinrang sulawesi selatan ini hanya memiliki berat badan 5 kilogram. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PINRANG - Kehidupan Zakiah sungguh memprihatinkan.

Meski bocah perempuan asal Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, ini sudah berusia 13 tahun lebih, namun berat badannya hanya 5 kilogram, setara dengan berat ideal bayi berumur 2-3 bulan.

Zakiah hanya diam di tempat tanpa mengeluarkan kata-kata. Belakangan, diketahui dia ternyata menderita bisu.

"Saya dan dia hampir tidak pernah meninggalkan rumah. Tidak ada komunikasi antara kami dengan Zakiah baik lisan maupun gerak tubuh,” tutur Hartati, ibu Zakiah di kediamannya Selasa (7/6/2016).

Hartati mengatakan, anaknya lahir secara normal. Pada usia beberapa bulan Zakiah mengalami demam tinggi dan kejang-kejang.

Anak kedua dari empat bersaudara ini sempat dilarikan ke rumah sakit namun tak kunjung sembuh. Dokter mendiagnosa Zakiah mengalami gangguan saraf hingga pertumbuhan fisik dan psikomotoriknya juga terhambat.

Dokter pun merujuk Zakiah ke Makassar untuk ditangani dokter ahli saraf. Namun, karena keterbatasan biaya, keluarga tidak mampu membawanya, bahkan Zakiah dipulangkan dari rumah sakit.

Kini setiap hari Zakiah hanya bisa duduk mematung di tempatnya. Praktis Zakiah terpaksa menggantung seluruh hidupnya pada orang lain di sekitarnya.

Sang ibu pun khawatir kalau harus meninggalkan Zakiah sendiri di rumah panggung reot dan miring, peninggalan almarhum ayahnya itu.

"Jangan makan dan menyuapi mulutnya sendiri, Zakiah masih harus dirawat dan dijaga layaknya bocah yang baru lahir," sebutnya.

Halaman
12
Editor: Ernawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help