Perizinan Toko Modern di Kabupaten Banjar Direvisi, Tak Ada Lagi Batas Jarak

Belakangan berhembus kabar, Perbup yang di antaranya memsyaratkan antartoko modern minimal berjarak 500 meter itu direvisi.

Perizinan Toko Modern di Kabupaten Banjar Direvisi, Tak Ada Lagi Batas Jarak
banjarmasinpost.co.id/hari widodo
Disperindag Banjar melakukan sidak ke sejumlah toko modern di wilayah Kabupaten Banjar, beberapa waktu lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Tiga toko modern yang beberapa waktu lalu disegel Satpol PP Banjar, tidak diperkenankan beroperasi karena tidak berizin, hingga kemarin terlihat masih tutup.

Kabarnya, meski manajemen ketiga toko modern ini telah mengajukan perizinan, tetapi tidak bisa diproses. Terutama, tidak memenuhi persyaratan Perbup No 23/2015 yang di dalamnya mengatur mengenai jarak antartoko modern.

Belakangan berhembus kabar, Perbup yang di antaranya memsyaratkan antartoko modern minimal berjarak 500 meter itu direvisi. Di dalamnya, justru meniadakan ketentuan yang membatasi jarak sejauh 500 meter antartoko modern.

Asisten I Pemkab Banjar, Hary Supriadi, saat dikonfirmasi, membenarkan revisi Perbup. Dan mengakui, dimungkinkan tidak akan ada lagi pembatasan jarak antartoko modern di dalam draf revisi.

"Mungkin seperti itu. Di daerah lain, untuk jarak antartoko modern memang tidak dibatasi. Cuma, semangat kami untuk melindungi warga yang punya usaha toko kecil. Revisi perbup ini masih dibahas. Saya hadir di pembahasan pertama, tapi tidak hadir di pembahasan kedua. Jadi, saya masih belum tahu perkembangannya," kata Hary.

Kabag Hukum, Siti Mahmudah, saat dikonfirmasi, juga mengakui ada perubahan ketentuan jarak antartoko modern di dalam draf revisi perbup. Tetapi, pembahasannya masih belum final.

"Kami melindungi masyarakat. Kalau kami izinkan juga di jalan-jalan kampung, masyarakat kami yang berusaha kecil-kecilan kalah bersaing dengan toko-toko modern itu," tukasnya. (wid)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help