Home »

Bisnis

» Makro

Harga Minyak Dunia Kembali Rontok

Analis mengatakan, kekhawatiran pada perekonomian global memberatkan outlook demand minyak dan harganya

Harga Minyak Dunia Kembali Rontok
THINKSTOCK
ILUSTRASI 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SINGAPURA - Kekhawatiran terhadap perekonomian global berdampak pada pelemahan harga minyak mentah dunia. Harga minyak mentah dunia melemah pada awal perdagangan Selasa, dengan harga minyak acuan Brent kembali turun di bawah 50 dollar AS per barrel.

Harga minyak acuan Brent turun di 49,95 dollar AS per barrel atau turun 15 sen dari harga sebelumnya. Sementara minyak WTI di AS turun 39 sen ke level 48,60 dollar AS per barrel.

Analis mengatakan, kekhawatiran pada perekonomian global memberatkan outlook demand minyak dan harganya. "Penurunan outook ekonomi global, ketidakpastian pasar uang serta menurunnya demand minyak dunia membuat peningkatan yang sudah ada jadi kembali turun," kata Barclays, bak Inggris, melalui catatan ke kliennya.

JP Morgan juga mengatakan bahwa pada outlook pasar minyak terakhir terlihat bahwa risiko makro ekonomi akan memberatkan harga minyak, walaupun perbankan AS menambahkan bahwa harga minyak akan tetap naik antara tahun ini atau tahun depa seiring menurunnya saham dan risiko politik serta semakin matangnya ladang minyak.

JPMorgan mengestimasi Brent dan WTI aka berada di kisaran 47,30 dollar AS per barrel dan 46,66 dollar AS per barrel tahun ini, serta mencapai 56,75 dollar AS per barrel di 2017. Kenaikannya jika dihitung mencapai 2 dollar AS untuk masing-masing minyak acuan di 2017 dan 1,75 dollar AS per barrel untuk dua harga acuan tersebut di 2017, jka dibandingkan dari estimasi awal bank.

Berita terbaru, rafinasi minyak menurut para trader akan mereduksi permintaan minyak mentah, yang merupakan stok penting. Sayangnya, beberapa tanker membawa komponen pembuatan bensin sudah mendaratkan jangkarnya di New York, AS, tidak bisa menjalankan fungsinya walaupun tangkinya penuh.

Editor: Anjar Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help