Hujan Deras Guyur Umat Muslim Saat Salat di Hongkong

Ratusan ribu jemaah yang memadati lapangan Victoria pun menggelar plastik sebagai alas dasar, sebelum sajadah untuk menunaikan ibadah Salat Idulfitri

Hujan Deras Guyur Umat Muslim Saat Salat di Hongkong
Reuters
Sebuah lengkungan pelangi menghiasi langit di atas Pelabuhan Victoria, Hong Kong, China, Selasa (19/6/2012). (REUTERS/Bobby Yip )

BANJARMASINPOST.CO.ID, HONGKONG - Puluhan ribu Warga Negara Indonesia (WNI) dan umat Islam lainnya di Hong Kong melaksanakan salat Id 1437 HIjriyah di bawah guyuran hujan deras.

Pantauan Antara di lapangan rumput Victoria, Causeway Bay, Hong Kong, Rabu, umat Islam mulai mendatangi lokasi pada pukul 06.00 waktu setempat, sedangkan salat Id dilaksanakan pada pukul 08.00 dengan khatib Ustadz Rohimnuddin Nawawi Jauhari dari Jakarta.

Hujan yang mengguyur Hong Kong, sejak Selasa (5/7) malam menimbulkan sejumlah genangan yang cukup dalam di beberapa titik di lapangan rumput Victoria. Bahkan menjelang pelaksanaan shalat Idulfitri 2016, gemuruh halilintar beberapa kali terdengar.

Ratusan ribu jemaah yang memadati lapangan Victoria pun menggelar plastik sebagai alas dasar, sebelum sajadah untuk menunaikan ibadah Salat Id.

Namun, dua jam kemudian hujan deras pun turun dan memaksa seluruh jamaah yang tengah menunggu waktu shalat tiba, langsung membuka payung untuk melindungi diri.

Meski begitu, hujan deras yang turun tiba-tiba tetap membuat plastik dan sajadah yang telah tergelar, bahkan sebagian badan jamaah basah kuyup. Tiga puluh menit hujan semakin deras, dan imam pun meminta maaf untuk tetap melaksanakan Shalat Ied dibawah guyuran hujan deras.

Sebagian melaksanakan shalat dengan berdiri, sebagian memilih untuk menyingkir ke pinggir lapangan, di bawah jembatan atau emperan toko, untuk bernaung. Sambil menunggu hujan reda.

Hadir dalam Shalat Idul Fitri 2016 di lapangan Victoria, Konsul Jenderal RI Hong Kong Chalief Akbar Tjandranigrat dan beberapa konsul lainnya. Usai melaksanakan shalat, Konjen Chalief Akbar menggelar "open house" di Gedung KJRI dan Wisma Puri Mandiri.

Pemerintah Wilayah Otonomi Khusus Hong Kong menyiapkan sepuluh lokasi untuk pelaksanaan Salat Idulfitri 1437 HIjriyah.

Sepuluh lokasi tersebut antara lain lapangan rumput Victoria di Causeway Bay, Ma On Shan, Tung Chun, Tai Wo Hau, Yuen Long, Tuen Mun, Tsuen Wan, Sheng Shui, Sha Tin, dan Tai Po.

Halaman
12
Editor: Syamsudin
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved