Piala Eropa

Prancis vs Portugal: Empat Poin Penting yang Harus Diperhatikan

Dia dianggap oleh Hugo Lloris sebagai arsitek keberhasilan Prancis. Didier Deschamps sendiri tidak meledak-ledak dengan berkat

Prancis vs Portugal: Empat Poin Penting yang Harus Diperhatikan
superball.id
Portugal Vs Prancis 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sekitar empat jam lagi pertandingan final Piala Eropa 2016 antara
Prancis melawan Portugal akan digelar di Paris. Dan berikut empat poin penting menjelang laga final itu, seperti dikutip laman Euro Sports.

Didier Deschamps bisa cetak sejarah

Dia dianggap oleh Hugo Lloris sebagai arsitek keberhasilan Prancis. Didier Deschamps sendiri tidak meledak-ledak dengan berkat, "Saya sama sekali tidak stres atau tertekan. Hanya adrenalin dan itu positif."

Deschamps memang bertangan dingin sekaligus berkepala dingin. Dia berani mencampakkan para pemain bintang, seperti dengan tidak memanggil Karim Benzema karena skandal pemerasan, atau membangkucadangkan Paul Pogba dan Antoine Griezmann.

Jika Prancis juara, maka Deschamps akan menjadi orang kedua setelah Berti Vogts yang menjadi juara Euro baik selagi menjadi pemain maupun pelatih.

Vogts mengantarkan Jerman juara Euro 96, namun saat Jerman Barat juara Euro 1972 dia hanyalah pemain cadangan. Sebaliknya Deschamps mengkapteni Prancis saat juara Euro 2000.

Teka-teki N’Golo Kante
Deschamps memiliki dua formasi selama turnamen ini, yakni 4-2-3-1 dan 4-3-3 yang sering dipakai bersamaan pada satu pertandingan.

Yang pertama dominan selama fase knockout dan telah mendorong keluarnya permainan terbaik Antoine Griezmann, sebaliknya membatasi gerak Paul Pogba.

Formasi kedua membuat Pogba lebih punya banyak kebebasan, sebaliknya membuat Griezmann kurang efektif.

Namun penampilan luar biasa Griezmann menunjukkan Deschamps sudah benar menempatkan dia di posisi tengah di belakang Olivier Giroud, namun kendati dia mencetak dua gol saat menang 2-0 atas Jerman pada semifinal, dua gelandang Pogba dan Blaise Matuidi tersisih dan Prancis beruntung bisa memimpin pada babak pertama.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help