Ingat, Jangan Gunakan Aluminium Foil Saat Memanggang

Makanan yang dipanggang memiliki rasa dan aroma khas tersendiri. Namun, jangan gunakan aluminium foil saat memanggang makanan.

Ingat, Jangan Gunakan Aluminium Foil Saat Memanggang
sajiansedap.com
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Makanan yang dipanggang memiliki rasa dan aroma khas tersendiri. Namun, jangan gunakan aluminium foil saat memanggang makanan. Kenapa? Simak ulasan berikut ini, yuk.

Beberapa orang seringkali menggunakan aluminium foil saat memanggang makanan, terutama ikan. Aluminium foil yang digunakan bertujuan agar bahan makanan yang dipanggang tidak menempel pada alat panggangan, karena lengket.

Namun, mulai sekarang jangan gunakan aluminium foil saat memanggang makanan. Karena, kandungan logam yang terdapat di dalam aluminium foil dapat berpindah ke dalam makanan.

Tentunya sangat tidak baik bagi tubuh, jika sampai dikonsumsi. Karena, kandungan logam yang terserap dalam makanan dengan dosis tinggi telah dikaitkan dengan osteoporosis dan Alzheimer. Studi juga telah dikaitkan dengan asupan logam tinggi bagi pasien dengan penyakit tulang atau gagal ginjal.

Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa jumlah logam yang masih aman dikonsumsi adalah sebanyak 40 mg. Namun, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di American University of Sharjah, menunjukkan bahwa makanan yang dimasak menggunakan aluminium foil bisa mengandung logam 6 kali jumlah yang disarankan.

Kandungan logam akan semakin banyak diserap jika Anda menambahkan bahan asam, seperti lemon atau saus tomat saat memanggang makanan menggunakan aluminium foil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makanan yang dimasak menggunakan asam akan menyerap kandungan logam lebih banyak. Sedangkan, jika makanan yang dipanggang menggunakan aluminium foil ditambah dengan alkohol dan garam, maka tidak akan banyak menyerap logam.

Untuk menghindari makanan yang Anda panggang mengandung logam tidak baik bagi tubuh, sebaiknya tidak menggunakan aluminium foil saat memanggang. Karena, jika tidak Anda akan mendapat asupan logam berlebihan dari yang disarankan, dan jika dilakukan terus menerus, maka kesehatan Anda bisa terganggu. Tentunya, Anda tidak mau, kan, jika kesehatan terganggu?

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved