Home »

Techno

» Sains

Dua Pelajar SMP Bikin Aplikasi Pemilu yang Bisa Perkecil Angka Golput

Saat ini, server baru bisa menampung kurang dari 1.000 pengguna, dengan maksimal lima pengguna mengakses aplikasi dan melakukan vote dalam waktu satu

Dua Pelajar SMP Bikin Aplikasi Pemilu yang Bisa Perkecil Angka Golput
surya/neneng uswatun hasanah
Yuda (kiri) dan Gerald (kanan) memeragakan cara kerja Al Azhar App, Jumat (15/7/2016). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SURABAYA - Terinspirasi dari banyaknya angka golput dalam pemilihan ketua OSIS setiap tahunnya, dua siswa SMP Al Azhar 13 Surabaya, Abiyyuda Naufal Priambodo dan Mohammad Gerald Athallah Putra, membuat aplikasi baru.

Aplikasi itu untuk pemilihan ketua OSIS secara online yang dapat memperkecil angka golput dalam sebuah pemilihan, bernama Al Azhar App.

Aplikasi itu sudah mereka buat dan kembangkan sepanjang tiga tahun masa sekolah mereka di SMP Al Azhar.

"Kami sudah mencoba pada sekitar 500 siswa menggunakan sistem scan QR code yang didapatkan tiap-tiap siswa setelah melakukan registrasi," jelas Yuda kepada SURYA.co.id, Jumat (15/7/2016).

Dengan satu ponsel dan satu kali scan QR code, ditambahkan Yuda, hanya boleh melakukan satu kali vote.

Saat ini, server baru bisa menampung kurang dari 1.000 pengguna, dengan maksimal lima pengguna mengakses aplikasi dan melakukan vote dalam waktu satu detik yang bersamaan.

Server tersebut bisa dikembangkan tergantung kebutuhan suatu proses pemilihan.

"Aplikasi ini bisa digunakan dalam skala besar, misalnya Pilkada. Hanya saja harus menyediakan server yang lebih besar sehingga bisa menampung sejumlah calon pemilih," katanya.

Aplikasi Al Azhar App tersebut telah meraih juara 3 Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) bidang komputer pada Februari 2016, dan meraih medali perunggu pada kejuaraan internasional Infomatrix di Rumania pada 26-30 Mei 2016.

Guru pembimbing mereka, Nuning Ratna Megawati mengatakan aplikasi mereka memang masih original sebagai solusi untuk menekan angka golput.

"Memang saat ini masih tingkat sekolah namun saya yakin akan bisa berkembang ke tingkat lebih tinggi," katanya.

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Surya Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help