Ini Cara Sederhana Merawat Sendiri AC Mobil, Tak Perlu ke Bengkel

“Perawatan AC yang paling mendasar hanya cukup mengganti saringan udara secara berkala saja dan itu bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke bengkel AC"

Ini Cara Sederhana Merawat Sendiri AC Mobil, Tak Perlu ke Bengkel
KompasOtomotif-Donny Apriliananda
AC mobil perlu dirawat minimal 6 bulan sekali untuk mengantisipasi bau tak sedap. 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Penyejuk kabin atau disebut juga air conditioner (AC) memiliki peran penting pada mobil. Sebab, bisa memberikan kesegaran untuk pengemudi sekaligus penumpang selama berada di perjalanan.

Nah, agar selalu berfungsi dengan baik, maka pemilik mobil tersebut harus sering merawatnya. Selain membawa ke bengkel spesialis AC, bisa juga dilakukan sendiri dan caranya sangat sederhana.

“Perawatan AC yang paling mendasar hanya cukup mengganti saringan udara secara berkala saja dan itu bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke bengkel AC,” kata Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kepada Otomania melalui pesan singkat, Rabu (13/7/2016).

Caranya, bisa mengecek setiap 10.000 kilometer (km), dan jika sudah kotor maka harus segera diganti. Beli saringan udaranya, kemudian bisa menggantinya sendiri di rumah karena tidak membutuhkan waktu banyak.

“Idealnya setiap 40.000 km, tetapi tidak ada salahnya jika kita cek setiap 10.000 km, apalagi jika mobil sering digunakan,” kata Anjar.

Hanya mengganti itu saja, lanjut Anjar, penyejuk kabin bisa selalu berfungsi maksimal.

“Jangan lupa juga tetap membersihkan kabin, agar debu tidak masuk ke AC,” ucap Anjar.

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved