Pengen Bikin Omelet? Begini Caranya Agar Sempurna

Omelet yang sempurna pasti akan membuat acara makan juga makin istimewa, terutama saat sarapan.

Pengen Bikin Omelet? Begini Caranya Agar Sempurna
net
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Omelet yang sempurna pasti akan membuat acara makan juga makin istimewa, terutama saat sarapan. Makanya, yuk, simak tahapan membuat omelet yang sempurna berikut ini.

Panaskan Wajan

Sebelum Anda menggoreng omelet, pastikan wajan sudah dipanaskan dengan suhu 93 derajat Celcius. Sambil menunggu wajan panas, kocok telur, garam, lada dan sedikit air dengan garpu, sebanyak 25 – 30 kocokan untuk memastikan semua bahan tercampur dengan sempurna.

Gunakan Wajan Anti Lengket

Gunakan wajan anti lengket dengan diameter 20 cm untuk menggoreng omelet. Sebelum telur yang sudah dikocok lepas dimasukkan ke dalam wajan, lelehkan margarin/ mentega terlebih dahulu. Ketika seluruh margarin/ mentega sudah meleleh, kocokan telur bisa dimasukkan ke dalamnya.

Goreng Telur dengan Hati-Hati

Pastikan seluruh bagian wajan tertutupi dengan telur, dan diamkan sekitar 25 – 30 detik. Jika Anda ingin menambahkan isian, letakkan di bagian tengah telur. Kemudian, bagian pinggir kanan kiri telur dilipat ke bagian tengah. Hati-hati saat melipat telur, karena bagian tengah telur masih dalam keadaan setengah matang. Terus bolak-balik telur hingga sekitar 8 – 10 kali untuk mendapatkan bentuk omelet yang sempurna. Tiap sisi omelet sebaiknya digoreng selama 1 hingga 1 ½ menit.

Omelet yang Sempurna

Omelet yang sempurna sudah siap untuk Anda hidangkan. Baik sebagai teman sarapan bersama roti dan susu, atau hanya dimakan begitu saja bersama saus tomat/ saus sambal. Tapi, berhati-hatilah saat meletakkan telur ke piring, karena tekstur omelet yang sangat lembut bisa saja hancur saat diletakkan di piring.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help