Perang Tarif Hotel di Surabaya Makin Gencar

Tarif harian rata-rata atau average daily rate (ADR) hotel-hotel di Surabaya selama semester I-2016 tercatat kembali merosot 4 persen dari semester

Perang Tarif Hotel di Surabaya Makin Gencar
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SURABAYA - Tarif harian rata-rata atau average daily rate (ADR) hotel-hotel di Surabaya selama semester I-2016 tercatat kembali merosot 4 persen dari semester sebelumnya menjadi 47,04 dolar Amerika Serikat (AS).

Pada semester II-2015, ADR hotel-hotel di Surabaya adalah 49,05 dolar AS.

Kondisi ini kemudian membuat persaingan hotel di beberapa area cenderung sangat kompetitif.

Para pengelola hotel bahkan berlomba-lomba memasang tarif semurah mungkin terhadap unit-unit kamarnya, jika tidak mereka tidak akan mendapatkan pengunjung.

Sikap tersebut yang memengaruhi ADR hotel-hotel di Surabaya saat ini.

Memasuki festive season selama semester I 2016, banyak perusahaan dan bahkan pemerintahan yang melakukan aktivitasnya di hotel sehingga kinerja perhotelan di awal semester I-2016 cenderung baik.

Pada periode yang sama, jumlah pelancong yang melakukan bisnis justru menurun, terutama pada sektor aktivitas meetings, incentives, conferences, dan exhibition (MICE).

Faktor itu yang kemudian menjadi indikator mulai menurunnya kinerja perhotelan.

Di sisi lain, kinerja food and beverages (F&B) hotel justru mengalami peningkatan setelah banyak orang mengadakan buka puasa bersama selama bulan Ramadhan atau Juni-Juli 2016.

Ketatnya persaingan bisnis hotel disebabkan kelebihan pasokan yang terjadi di Surabaya.

Halaman
12
Editor: Ernawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved