Waduh!, Ada Produser TV Swasta yang Jadi Calon Komisioner KPI

Salah satunya adalah Anggota Komisi I dari Fraksi PDI Perjuangan, Evita Nursanty yang menanyakan ihwal calon titipan.

Waduh!, Ada Produser TV Swasta yang Jadi Calon Komisioner KPI
kompas.com
Proses uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) di ruang rapat Komisi I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta (18/7/2016) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Salah satu calon Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, Arif Adi Kuswardono yang juga salah satu produser di Trans 7 menjadi salah satu sorotan Komisi I DPR pada uji kepatutan dan kelayakan Komisioner KPI, Senin (18/7/2016).

Salah satunya adalah Anggota Komisi I dari Fraksi PDI Perjuangan, Evita Nursanty yang menanyakan ihwal calon titipan. Ia mengkhawatirkan jika Arif menjadi komisioner KPI maka akan membawa kepentingan pemodal.

"Bagaimana Anda bisa membutikan kepada kami kalau Anda bukan titipan?" tanya Evita di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Begitu pula dengan Anggota Komisi I dari Fraksi Partai Gerindra, Elnino M Husein Mohi.

"Titipan Trans 7 kepada Anda apa?" tanya Elnino yang spotan disambut tawa seisi Ruang Sidang Komisi I DPR.

Namun, Arif menjawab bahwa ia didukung oleh alumni aktivis pers mahasiswa dan menegaskan dirinya bukanlah titipan dari perusahaan media tempat ia bekerja. Ia pun menegaskan bahwa dirinya selalu berusaha bekerja profesional.

"Saya di-endorse masyarakat," tutur Arif.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I Hanafi Rais mempertayakan hasil panitia seleksi (Pansel) KPI karena meloloskan calon yang jelas-jelas berasal dari indistri televisi. Namun, ia tak menganggapnya sebagai masalah besar mengingat tahap akhir proses seleksi adalah di Komisi I DPR.

"Finalnya kan di sini, besok (Selasa). Jawaban-jawaban dari Trans 7 tadi tentu akan jadi rekaman kami. Kami sudah pada tahap bahwa kami ingin KPI independen dan disegani oleh para pelaku industri penyiaran," kata Hanafi.

Sebanyak 27 orang berupaya untuk memikat hati anggota Komisi I DPR. Mereka akan memperebutkan sembilan kursi komisioner Komisi Penyiaran Indonesia.

Sembilan nama itu akan menggantikan komisioner KPI periode 2013-2016 yang habis masa tugasnya pada 27 Juli 2016.

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved