Balangan Kehilangan Sertifikat Adipura Tahun Ini

Penghargaan sertifikat Adipura yang didapatkan di tahun 2015 kemarin rupanya tak mampu dipertahankan Kabupaten Balangan di tahun ini

Balangan Kehilangan Sertifikat Adipura Tahun Ini
banjarmasinpost.co.id/elhami
(Ilustrasi) Puluhan anggota Polres Balangan melakukan aksi bersih-bersih taman. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Penghargaan sertifikat Adipura yang didapatkan di tahun 2015 kemarin rupanya tak mampu dipertahankan Kabupaten Balangan di tahun ini.

Ya, Kabupaten berjuluk Bumi Sanggam kembali gagal mendapatkan Adipura, jangankan pialanya, sertifikatnya pun gagal dipertahankan.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kabid Pertamanan dan PJU, Rizkianor Fauzi, saat dikonfirmasi BPost Online.

Menurutnya, upaya mempertahankan nilai ditahun kemarin bisa dibilang menurun ditahun ini.

"Kalau sertifikat Adipura tidak dapat, jelas nilainya dibandingkan dengan tahun kemarin sangat tidak sifnifikan," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, Kabupaten Balangan tak sendirian beberapa kabupaten juga gagal mempertahankan nilai, meski pahit dirasakan, namun upaya untuk mempertahankan sudah dilakukan dengan maksimal.

Diakuinya, tahun ini beberapa item yang menjadi penilaian adipura masih dirasa rendah, seperti keberadaan bank sampah di masyarakat yang sampai saat ini tak begitu terkelola dengan baik, kemudian juga pembungan limbah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

"Kalau dari segi fisik dirasa bisa saja bersaing dengan daerah lain, nah untuk bank sampah di masyarakat sebenarnya ada beberapa, cuman tak terkelola, seperti di Paringin, Bungin dan desa lainnya, selain itu juga tak merata," jelasnya.

Kemudian untuk pembuangan limbah di TPA memang diakui belum sempurna, apalagi kemarin pas penilaian di TPA ada pelaksanaan pengerjaan proyek.

Masih menurutnya, kedepan item yang dirasa kurang akan kembali ditingkatkan dengan cara melakukan sosialisasi lebih intensif terutama soal pengelolaan bank sampai dimasyarakat.

"Kami juga mengakui penilaian adipura kemarin bersamaan dengan pelaksanaan hari jadi Balangan, sehingga fokus terbagi," ujarnya.

Selain, pihaknya juga meminta seluruh komponen baik seluruh SKPD, masyarakat ditingkat kecamatan sampai dengan desa agar bersama-sama menjaga lingkungan.

Penulis: Elhami
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help