Info Sehat

Cegah Kanker, Kolesterol, Sampai Diabetes, Coba Cara Ini!

Konsumsi bawang putih secara berlebihan juga tidak dianjurkan, karena bisa memicu penyakit diare, gastiris atau maag, pengenceran darah berlebih dan m

Cegah Kanker, Kolesterol, Sampai Diabetes, Coba Cara Ini!
shutterstock
Bawang Putih 

BANJARMASINPOST.CO.ID - ANDA pasti mengenal bawang putih, tumbuhan yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan ini ternyata kaya akan manfaat untuk kesehatan. Ahli gizi dari Rumah Sakit Al-Islam Bandung, Rina Agustin AMg, mengatakan, bawang putih memiliki banyak kandungan nutrisi seperti, allicin, aliin, protein, karbohidrat, energi, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, C, B1,B2, dan B6 yang baik untuk tubuh.

Tanaman umbi-umbian ini ternyata mampu mencegah berbagai macam penyakit kronis, seperti, kanker, jantung, kolesterol dan diabetes.

Bawang putih juga bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki sirkulasi darah, membuang racun dalam tubuh, menghilangkan peradangan atau anti-inflamasi dan memperlambat proses penuaan dini.

Ia mengatakan, usia balita hingga lanjut boleh mengonsumsi bawang putih, asalkan takarannya pas.

Anda dapat mengonsumsinya setiap hari satu siung dan usahakan mengonsumsi bawang putih saat perut masih kosong atau pagi hari.

Konsumsi bawang putih secara berlebihan juga tidak dianjurkan, karena bisa memicu penyakit diare, gastiris atau maag, pengenceran darah berlebih dan memicu reaksi alergi.

Untuk cara penyajian, Ia menyarankan, jika ingin mengonsumsi secara mentah agar digeprek terlebih dahulu dan supaya tidak menimbulkan bau mulut bisa mencampurkannya dengan madu, yang berkhasiat sebagai sumber energi.

Bagi yang tidak suka mengonsumsi secara mentah, bisa menambah beberapa butir bawang pada masakan agar manfaatnya terasa, namun khasiatnya sedikit berkurang, karena kandungan allicin akan hilang ketika terjadi proses memasak.

Allium sativum L atau biasa disebut bawang putih ini memang mengandung banyak manfaat bagi tubuh, tapi Ia menyarankan agar bawang putih tidak dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan penyakit, cukup dijadikan sebagai pencegahan. Untuk itu, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengunakan herbal ini.(tj1)

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help