Waduh! Pasar Smartphone Dunia Dinilai Mulai Menurun

Pertumbuhan angka pengapalan smartphone sudah melandai selama dua kuartal berturut-turut.

Waduh! Pasar Smartphone Dunia Dinilai Mulai Menurun
Kompas.com
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pengapalan smartphone dunia dilaporkan kembali melandai. Firma riset pasar IDC menyebutkan bahwa angka pengiriman smartphone secara global pada kuartal-II 2016 tercatat sebanyak 343,3 juta unit.

Angkat tersebut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Venture Beat, Sabtu (30/7/2016), hanya meningkat 0,3 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Pertumbuhan angka pengapalan smartphone sudah melandai selama dua kuartal berturut-turut.

Kuartal sebelum ini juga hanya mengalami peningkatan sebesar 0,2 persen.

Dari segi pabrikan, Samsung mempertahankan posisinya sebagai penguasa pangsa terbesar di pasar smartphone (22,4 persen) berkat duo smartphone Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge.

“Model-model baru ini memadukan penampilan dan fitur dengan baik dan mendongkrak profit Samsung,” tulis IDC dalam laporannya.

Apple masih bercokol di posisi kedua dengan pangsa pasar 11,8 persen. Tiga urutan berikutnya dalam posisi lima besar pabrikan smartphone dunia dikuasai oleh vendor asal China, yakni Huawei, Oppo, dan Vivo.

“Di luar flagship Samsung Galaxy S7, mayoritas vendor, termasuk Apple, sukses mengedepankan model-model terjangkau dibandingkan ponsel flagship,” kata Research Manager tim mobile phone IDC, Anthony Scarsella.

Editor: Yamani Ramlan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help