Jendela Dunia

Begini Kehidupan Narapidana di Penjara Ini, Toilet Bau Pesing, Tidur Berdesakan di Tangga

Para narapidana telah mendekam di balik jeruji hingga waktu bertahun-tahun lamanya. Bukannya semakin berkurang berjalannya waktu, justru rutan ini sem

Begini Kehidupan Narapidana di Penjara Ini, Toilet Bau Pesing, Tidur Berdesakan di Tangga
AFP/Getty/Independent
Penjara di Quezon, Filipina yang penuh sesak. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MANILA - Kondisi rumah tahanan Quezon City, di Manila, Filipina, sungguh memprihatinkan.
Rutan ini telah menampung narapidana hingga di luar batas daya tampung.

Sejak dibangun enam dekade lalu sudah terdapat sebanyak 3.800 narapidana yang mendekam dibalik jeruji rutan.

Jumlah tersebut sangat jauh dari ambang batas normal yang diperuntukan bagi 800 orang, lima kali lipat dari jumlah ideal daya tampung rutan.

Foto-foto memprihatinkan memperlihatkan bagaimana kondisi rutan yang sangat tidak manusiawi. Inilah sisi gelap dan kelam hidup di dalam penjara di Filipina. Fasilitas rutan pun sangat jauh dari standar.

Hal ini merefleksikan sistem peradilan pidana yang kacau di tempat ini. Sengaja dibiarkan oleh negara sebagai bentuk aksi Presiden garis keras negara ini Rodrigo Duterte dalam memerangi narkoba.


(AFP/Noel Celis)

Ini juga sebagai bentuk efek jera bagi masyarakat bagaimana hidup di dalam penjara yang sangat tidak manusiawi lantaran menggunakan narkotika.

Para narapidana telah mendekam di balik jeruji hingga waktu bertahun-tahun lamanya. Bukannya semakin berkurang berjalannya waktu, justru rutan ini semakin banjir kedatangan narapidana.

Saking pedatnya terlihat narapidana pun harus tidur berdesakan di lantai hingga di tangga rutan. Berdempetan hingga tidak ada celah yang tersisa, tubuh satu sama lain saling bertemu.

Bahkan adapula napi yang terpaksa tidur dengan posisi duduk atau berdiri lantaran tidak kebagian jatah tempat untuk berbaring.

Halaman
123
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved