Di Ruangan Super Ketat Ini Para Terpidana Mati Menunggu Akhir Hidup Mereka

RUANG isolasi acapkali disebut-sebut selama proses eksekusi terpidana mati, terutama saat eksekusi tahap III.

Di Ruangan Super Ketat Ini Para Terpidana Mati Menunggu Akhir Hidup Mereka
banjarmasinpost.co.id
BPost edisi cetak Senin (1/8/2016) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - RUANG isolasi acapkali disebut-sebut selama proses eksekusi terpidana mati, terutama saat eksekusi tahap III. Sebuah sumber membeberkan ruang isolasi yang dipakai untuk 'transit’ 14 terpidana mati tersebut merupakan bangunan baru.

“Meski banyak orang menyebut ruang isolasi itu berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batu, tapi sebenarnya itu bukan Lapas Batu. Ruang isolasi berada tepat di belakang Lapas Batu. Baru dibangun sekitar enam bulan terakhir, dan dikerjakan pagi-siang-malam,” kata sumber di lapas tersebut, Sabtu (30/7).

Menurutnya, ruang isolasi berbentuk bangunan dua lantai itu baru kali pertama difungsikan menjelang eksekusi terpidana mati tahap III. Jadi, 14 terpidana mati itu merupakan penghuni pertama ruang isolasi.

Daya tampung ruang isolasi diperkirakan mencapai 1.500 orang dan masuk kategori super maximum security. “Saya pernah masuk dari satu lapas ke lapas lain di berbagai daerah. Ruang isolasi ini adalah yang tercanggih dibanding lapas manapun di Indonesia. Bahkan jauh lebih canggih dibanding dengan Lapas Pasir Putih (di Nusakambangan) yang disebut sebagai lapas super maximum security,” terangnya.

Selengkapnya baca Banjarmasin Post edisi cetak Senin (1/8/2016) atau klik http://epaper.banjarmasinpost.co.id

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help