Rempah Penambah Rasa yang Menyehatkan

Rempah-rempah yang biasanya dijadikan bumbu bisa masuk ke dalam sumber gizi, lho. Rempah memang hanya mengandung sedikit sekali gizi

Rempah Penambah Rasa yang Menyehatkan
net
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Rempah-rempah yang biasanya dijadikan bumbu bisa masuk ke dalam sumber gizi, lho. Rempah memang hanya mengandung sedikit sekali gizi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin atau mineral. Namun, ada kandungan rempah penambah rasa berikut ini yang dapat juga menyehatkan tubuh.

Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat alisin yang banyak dimanfaatkan di dalam obat tradisional antihipertensi, karena memang punya banyak khasiat menurunkan tekanan darah. Kombinasikan bawang putih bersama seledri sebagai obat antihipertensi.

Cabai

Cabai yang dikombinasikan dengan bawang putih dapat digunakan sebagai obat tradisional antihipertensi. Cabai bermanfaat bisa merangsang pembakaran lemak menjadi energi. Cabai cukup ditambahkan ke dalam makanan berlemak, misalnya gulai atau kare untuk pembakaran lemak.

Kunyit

Kunyit mengandung zat fitokimia, salah satunya adalah kurkumin. Secara tradisional, kunyit bisa untuk menyehatkan fungsi hati, meningkatkan nafsu makan pada anak dan juga sebagai antiradang.

Kayu Manis

Kayu manis mengandung zat yang dikenal dengan nama sinamaldehid. Kayu manis memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah menormalkan kadar gula darah.

Jahe

Kandungan zat fitokimia di dalam jahe bermacam-macam, terutama kelompok minyak asiri dan gingerol. Jahe bermanfaat dapat merangsang pencernaan dan metabolisme, menghangatkan tubuh, hingga melegakan radang tenggorokan. Keampuhan jahe tidak perlu diragukan lagi, karena sudah puluhan tahun dijadikan sebagai obat tradisional.

Masih banyak lagi contoh rempah penambah rasa yang bisa menyehatkan tubuh. Misalnya, jeruk nipis, lengkuas, bawang merah, bawang bombay, jintan, adas, pala, merica dan ketumbar yang semuanya memiliki khasiat bagi kesehatan.

Di India, negara yang terkenal dengan gaya masaknya yang spicy, rempah-rempah banyak diteliti khasiatnya terkait dengan kesehatan. Masyarakat tradisional India yang mempertahankan tradisi masak penuh bumbu, diketahui lebih jarang terkena penyakit, daripada masyarakat India perkotaan yang mulai meninggalkan tradisi masak berbumbu pekat.

Makanya, jangan sampai kita melewatkan rempah sebagai bumbu dalam masakan ya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved