Jendela Dunia

Google Menghilangkan Palestina dari Maps, Netizen Ramai Suarakan Tagar #PalestineIsHere

Berbagai kampanye bermunculan yang tersebar di berbagai negara, karena penghapusan tersebut. Tagar #PalestineIsHere dan #PalestineExists menjadi viral

Google Menghilangkan Palestina dari Maps, Netizen Ramai Suarakan Tagar #PalestineIsHere
Instagram

BANJARMASINPOST.CO.ID - Jika Anda mencari nama Palestina di Google Maps, mungkin Anda akan terkejut tidak akan menemukan tulisan keterangan Palestina tertera pada peta di sebuah wilayah di Timur Tengah ini.

Tentu saja hal tersebut menimbulkan reaksi dan menuai kecaman dunia. Lebih dari 200.000 orang telah menandatangani petisi di situs Change.org yang menyuarakan agar Google kembali menambahkan Palestina ke dalam Maps.

Banyak yang meyakini jika Google perusahaan multinasional Amerika Serikat yang fokus pada pelayanan jasa dan produk internet telah menghapus Palestina dari layanan Google Maps lantaran tanah Palestina diambil alih oleh pihak Israel.

Berbagai kampanye bermunculan yang tersebar di berbagai negara, karena penghapusan tersebut. Tak terkecuali di media media. Tagar #PalestineIsHere dan #PalestineExists menjadi viral menyuarakan agar Google menambahkan Palestina.

Namun, terdapat satu masalah utama yaitu dari awal negara Palestina tidak pernah dihapus, karena dari awal Google Maps memang tidak pernah mencantumkan Palestina sejak produk layanan pemetaan web tersebut diciptakan.

Konflik yang terus berkelanjutan antara pihak Israel dan Palestina, membuat Palestina tidak muncul dalam Google Maps.
Berbagai kecaman dan kemarahan banyak dilontarkan oleh para netizen.

Seperti yang dituliskan oleh @zxheex melalui akun twitter pribadinya, "Google tidak tahu malu, itu daerah Palestina bukan Israel," cuitnya.

Bahkan netizen menyuarakan kekesalan mereka dengan melakukan pemboikotan terhadap produk Google. Tagar #PalestineIsHere dan #Boycott Google ramai dituliskan oleh para pengguna internet.

"@google @googlemaps DIMANA #Palestina?? Google keterlaluan. Saya akan menggunakan mesin pencari lainnya mulai dari sekarang. #FreePalestine #BoycottGoogle," cuit @JMillam.

"Google telah menghapus nama Palestina dari maps dan menggantinya dengan Israel. Astaga, ini beneran Google? #PalestineExsits," tulis @AlayaJessC

"@google @googlemaps Anda tidak bisa menghapus sebuah negara begitu saja. Tambahkan kemabali @palestine_UN di dalam map #palestinaishere," ungkap @MsLolaKay. (RT)

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved