Peringatan! Di Italia Ibu yang Terapkan Pola Vegetarian pada Anak Bakal Masuk Bui

Ternyata, salah satu partai politik di Italia mengajukan keberatan terhadap para ibu vegetarian yang menerapkan pola makan serupa pada anak-anak merek

Peringatan! Di Italia Ibu yang Terapkan Pola Vegetarian pada Anak Bakal Masuk Bui
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID –- Pola makan vegetarian memberikan sejuta manfaat yang baik untuk tubuh, mulai dari bentuk, kecantikan kulit, hingga kestabilan emosional.

Ternyata, salah satu partai politik di Italia mengajukan keberatan terhadap para ibu vegetarian yang menerapkan pola makan serupa pada anak-anak mereka.

Partai Forza di Italia telah mengajukan hukum dan aturan baru terhadap orangtua yang menerapkan pola hidup vegetarian pada anak di bawah 16 tahun.

Mereka mengajukan hukuman penjara satu tahun sebagai ganjaran terberat, dan hukuman empat tahun jika anak menderita masalah kesehatan akibat pola makan vegetarian.

Lalu, ada juga hukuman penjara tujuh tahun jika anak meninggal akibat pola makan ini.

Rencana tersebut mungkin terdengar menyeramkan dan tidak bijak, tetapi mereka memiliki alasan kuat.

Pasalnya, beberapa tahun belakangan telah terjadi tujuh kasus anak-anak yang mengalami gangguan kesehatan dan kematian karena menjalani pola makan vegetarian.

Selama enam bulan terakhir saja, empat anak vegetarian masuk rumah sakit dan harus mendapatkan perawatan intensif karena didiagnosa kekurangan gizi.

“Aku tidak memiliki pertentangan pada vegetarian dan veganisme, selama pilihan itu dibuat secara personal oleh orang dewasa,” terang Elvira Savino, anggota parlemen yang merancang dan mengajukan aturan serta hukum baru tersebut.

“Namun, aku merasa sangat tidak adil, jika orangtua memaksakan anak menjadi vegetarian semenjak usia dini sehingga harus menderita kondisi medis kritis,” urainya.

Berdasarkan American Dietetic Association, hingga sekarang belum ada efek buruk yang signifikan dari pola makan vegetarian pada anak-anak.

Akan tetapi, sejumlah riset lainnya mengatakan bahwa biasanya ukuran tubuh anak vegetarian lebih kecil ketimbang non-vegetarian.

Kebutuhan protein, daging, dan vitamin yang berasal dari makanan bukan sayuran, menurut studi, wajib dipenuhi untuk anak yang masih dalam fase pertumbuhan.

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help