Osis SMAN 1 Barabai Cari Kader Pemimpin Melalui LDKS

Pembinaan siswa baru, melalui kegiatan OSIS dilaksanakan SMAN 1 Barabai. Selama dua hari, siswa digembleng melalui latihan dasar kepemimpnan siswa

Osis SMAN 1 Barabai Cari Kader Pemimpin Melalui LDKS
banjarmasinpost.co.id/hanani
Osis SMAN 1 Barabai Cari Kader Pemimpin Melalui LDKS 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Pembinaan siswa baru, melalui kegiatan OSIS dilaksanakan SMAN 1 Barabai. Selama dua hari, siswa digembleng melalui latihan dasar kepemimpnan siswa (LDKS). Selain dilatih baris berbaris, para siswa juga diuji wawasan, pengetahuan serta bakat dan talentanya.

Ketua OSIS SMAN 1 Barabai, Akhmad Rifky Riswandi, Minggu (28/8/2016) di sela kegiatan menjelaskan, ada 80 siswa baru kelas X yang mengikuti LDKS tersebut. Dari jumlah tersebut, nantinya diseleksi menjadi 30 orang yang akan bergabung menjadi pengurus OSIS.

‘Selama kegiatan, kami bersama teman-teman pengurus Osis berupaya menciptakan suasana persahabatan, disiplin, percaya diri serta belajar berani untuk tampil di depan umum. Seperti menunjukkan bakat adik-adik kami di bidang apapun. Termasuk berani menyatakan pendapat, saat berdiskusi, serta mengenal OSIS,”kata Riswandi.

Selain baris berbaris, mereka juga turun ke jalan, mengenal tempat-tempat tertentu seperti kantor pemerintahan, kantor DPRD, kawasan sekolah yang menjadi titik-titik pos pengetahuan. Di pos pengetahuan itulah, siswa diuji mengenai bidang masing-masing.

“Seperti pengetahuan sosial, keagamaan, keorganisasian,” jelasnya.

Pembina Osis SMAN 1 Barabai, yang juga guru Bahasa Inggris di sekolah itu, M Zazuli mengatakan, pembinaan siswa melalui LDKS seperti sekarang, lebih efektif diterapkan terhadap siswa, ketimbang cara perpeloncoan gaya fisik.

“Sudah saatnya kita mengubah paradigma pengaderan pemimpin yang selama ini identik dengan kegiatan fisik. Siswa lebih merasa nyaman dengan yang kita terapkan sekarang. Dengan cara fun, mereka lebih maksimal menunjukkan jati diri, bakat dan kemampuan masing-masing. Kalaupun tidak semuanya terpilih, paling tidak mereka sudah mendapatkan wawasan tentang bagaimana berorganisasi dan menciptakan rasa percaya diri,” kata Zazuli.

Penulis: Hanani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved