Dilantik Jadi Sekdako, Hamli Janji Tak Maju Jadi Wali Kota

Setelah pelantikan, Hamli langsung menggelar rapat anggaran dengan kepala SKPD untuk membahas APBD Perubahan. Ini menjadi tugas awal bagi Sekdako.

Dilantik Jadi Sekdako, Hamli Janji Tak Maju Jadi Wali Kota
murhan
Wali Kota Ibnu Sina melantik Hamli Kursani sebagai Sekda Kota Banjarmasin, hadapan para kepala SKPD 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Suasana terasa khidmat di Aula Kayuh Baimbai Balaikota Banjarmasin, Senin (29/8/2016) siang, saat berlangsung pelantikan Hamli Kursani sebagai Sekda Kota (Sekdako) Banjarmasin.

Dalam pelantikan yang dilakukan Wali Kota Ibnu Sina, disaksikan Wakil Wali Kota Hermansyah, Ketua DPRD Kota Iwan Rusmali, anggota muspida lainnya dan juga tokoh pers Banua Pemimpin Umum BPost Group, HG (P) Rusdi Effendi AR. Termasuk panitia seleksi (pansel) pemilihan sekdako, yakni M Arsyad dan Hafiz Anshari.

Setelah pelantikan, Hamli langsung menggelar rapat anggaran dengan kepala SKPD untuk membahas APBD Perubahan. Ini menjadi tugas awal bagi Sekdako Banjarmasin.

Menurutnya, pembahasan APBD Perubahan jadi rumit karena ada pengurangan transfer dari pemerintah pusat. Di antaranya, share pendapatan sekitar Rp 98 miliar, pemotongan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebanyak 10 persen, hingga penghentian dana sertifikasi guru sekitar Rp 74 miliar. "APBD sehelumnya Rp 1,7 triliun. Sekarang diperkirakan sekitar Rp 1,6 triliun.

Imbasnya bakal ada kegiatan yang dikurangi dan fokuskan penggunaan anggaran untuk sektor yang paling mendesak," urainya.

Tentunya, bakal ada kegiatan yang bakal dihapus karena dianggap tidak prioritas. Hanya yang prioritas yang akan diteruskan pelaksanaannya tahun ini. Sedangkan yang lain ditunda ke tahun berikut.

Satu hal yang kemudian dia tekankan, tidak akan mencalon Wali Kota pada Pilkada Wali Kota Banjarmasin berikut. Itu menjadi komitmennya saat diwawancarai Wali Kota Ibnu Sina dan Wakil Wali Kota Hermansyah saat Selasa (23/8/2016).

"Pasti itu, saya tidak mencalon. Soalnya sudah komitmen saya," kata lelaki yang pernah berminat mencalon Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) tersebut.

Sementara itu, Wali Kota Ibnu Sina mengingatkan, banyak permasalahan mengadang. Dirinya menerima banyak keluhan warga terkait kondisi geografis dan pelayanan publik. Usulan warga juga banyak terkait layanan publik. Hal ini jadi tantangan kedepan.

Untuk itu, sambung dia, Sekdako terpilih bisa berbagi tugas dengan dirinya sebagai Wali Kota dan juga dengan Wakil Wali Kota. Terutama dalam hal menata administrasi internal pemko.

Baginya, menjatuhkan pilihan kepada Hamli sebagai Sekdako merupakan sejarah bagi pemko. Karena, pejabat pemko bisa menjadi Sekdako. Sebelumnya, level tertinggi hanya Kepala Dinas. Beberapa jam sebelum acara pelantikan. Hamli Kursani mengunjung Polresta, Dandim 1007, Kejaksaan Negeri dan Pengadilan Negeri.

Lalu, dia juga datang ke kantor Banjarmasin Post Group dan menemui Pemimpin Umum HG (P) Rusdi Effendi AR, Pemimpin Perusahaan Wahyu Indriyanta, Wakil Pemimpin Perusahaan Fachmi Noor dan lainnya. Rupanya Rusdi sangat mengenal Hamli. "Kalau main bola, dia ini kaptennya," ungkap dia.

Hamli mengaku kedatangannya untuk bersilaturahmi dan mengundang secara langsung untuk datang ke acara pelantikannya. Selain itu meminta bimbingan selama menjalankan tugas sebagai Sekdako. Serta, siap bekerjasama dengan BPost Group. "Saya berharap bimbingan Pak Rusdi dalam menjalankan tugas ini. Apalagi sekarang banyak permasalahan yang mengadang," ucapnya. (ire)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help