Pemkab Kapuas Ancam Beri Sanksi Tegas Peternak Nakal

Walaupun bantuan hewan ternak dari pemerintah merupakan hibah, tetapi para kelompok ternak harus memanfaatkan dan memelihara dengan benar.

Pemkab Kapuas Ancam Beri Sanksi Tegas Peternak Nakal
net
Ilustrasi-Peternak Sapi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Pemkab Kapuas melalui Dinas Peternakan setempat menegaskan akan memberikan sanksi tegas kepada para peternak nakal, seperti sengaja menjual bantuan hewan ternak yang diberikan pemerintah.

Pihak peternakan bakal memberi blacklist para kelompok ternak yang berbuat nakal itu.
Penegasan ini disampaikan Kabid Pengembangan Peternakan Dinas Peternakan Kapuas, Effendy, Senin (29/8/2016).

Dia berharap, bagi para kelompok peternak yang menerima bantuan hewan ternak dari pemerintah, agar benar-benar memelihara dan memanfaatkannya. Baik itu hewan ternak berupa sapi, kambing maupun jenis unggas.

Dikatakan Effendy, walaupun bantuan hewan ternak dari pemerintah merupakan hibah, tetapi para kelompok ternak harus memanfaatkan dan memelihara dengan benar.

“Sebab, apabila ada peternak yang menyalahgunakan seperti menjual bantuan itu, kami akan memberikan sanksi tegas,” ucapnya.

Semua bantuan hewan ternak dari pemerintah akan diawasi perkembangannya oleh petugas teknis peternakan yang ada di kecamatan.

Dengan begitu, jika ketahuan ada yang menyalahgunakan seperti menjual, akan diberikan sanksi dan harus mengembalikan hewan bantuan itu.

"Selain itu, kelompok yang nakal tersebut juga akan kami blacklist dari daftar penerima bantuan. Sehingga ke depan, kelompok itu tidak akan lagi bisa menerima bantuan peternakan jenis apapun," katanya.

Sementara, pada 2016 ini pihakya telah menyalurkan bantuan hewan ternak berupa 84 ekor sapi calon induk yang merupakan bantuan bersumber dari dana APBD Kapuas. 84 ekor sapi ini diserahkan kepada 7 kelompok tani dan telah didistribusikan pada medio Juni-Juli.

Kemudian, pada akhir pekan lalu, pihaknya juga menerima bantuan bersumber dari APBN pusat berupa 25 ekor sapi calon induk dan saat ini mulai didistribusikan.

Selain sapi, Dinas Peternakan Kapuas untuk 2016 ini, juga telah menyalurkan bantuan 50 ekor babi, 1.000 ekor bebek dan sekitar 70 ekor kambing yang dihibahkan kepada sejumlah kelompok peternak di berbagai kecamatan di Kabupaten Kapuas.

Adapun harapannya kepada semua kelompok peternak yang menerima bantuan hewan ternak baik dari pemerintah maupun swasta, agar dimanfaatkan dengan baik.

“Dipelihara dengan benar, agar bisa berkembang. Dengan harapan bantuan hewan ternak ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat melalui ekonomi kerakyatan sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan,” katanya. (jd)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help