10 Ribu Tentara Filipina Dikerahkan Kepung Kelompok Abu Sayyaf

Melihat beberapa operasi militer yang telah digencarkan, Biazon merasa sangat yakin sekarang adalah waktu yang sangat baik untuk menyerang kelompok te

10 Ribu Tentara Filipina Dikerahkan Kepung Kelompok Abu Sayyaf
INQUIRER/RADYO
Kelompok bersenjata Abu Sayyaf 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MANILA - Enam batalion dari angkatan darat dan dua batalion angkatan laut telah dikerahkan menuju Sulu guna menumpaskan kelompok milisi Abu Sayyaf.

Dari total keseluruhan terdapat 10.000 tentara Filipina yang telah ditempatkan di medan pertempuran melawan kelompok Abu Sayyaf yang diketahui berjumlah sekitar 600 anggota.

Pemerintah Filipina telah optimis, dari segi jumlah mereka mampu memenangkan pertempuran.

Dan sekarang merupakan waktu yang tepat untuk menggempur serta menghancurkan Abu Sayyaf.

Namun Rodolfo Biazon mantan senator dan Kelautan Umum memperingatkan bahwa operasi militer akan sia-sia tanpa ada kerjasama dari unit pemerintah lokal di daerah Sulu.

Menurutnya ketika bandit ini merasa terpojok, maka dengan sangat mudah para anggota Abu Sayyaf akan membubarkan diri dan kabur memasuki desa-desa sekitar untuk bersembunyi mencari jalan aman.

Lantaran para militan Abu Sayyaf diyakini merupakan warga sekitar sehingga sangat memungkinkan bagi para militan untuk meminta perlindungan dengan kerabat atau kelompok simpatik lainnya.

Biazon yang memiliki pengalaman tempur di Mindanao selama 18 tahun sebelum menjabat sebagai legislator dan penanganan komite pertahanan nasional menyatakan, dikhawatirkan ketika operasi militer sedang berlangsung di Sulu, kelompok Abu Sayyaf kemungkinan telah merencanakan aksi melarikan diri.

"Anggota militer harus terus ketat menjaga daerah di Basilan, lokasi strategis dimana para anggota Abu Sayyaf sangat berpeluang besar mencoba untuk kabur," ujarnya dikutip melalui laman abs-cbn, Kamis (1/9/2016).

Melihat beberapa operasi militer yang telah digencarkan, Biazon merasa sangat yakin sekarang adalah waktu yang sangat baik untuk menyerang kelompok teroris ini.

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved