Berita Tanahbumbu

Bripka Hasim Bantu Warga Kurang Mampu di Satui

Dari kegiatan dor to dor tersebut, bhabinkamtibmas Desa Satui Barat Kecamatan Satui, Kabupaten Tanahbumbu, Bripka Hasim mendapati rumah warga

Bripka Hasim Bantu Warga Kurang Mampu di Satui
man hidayat
Bripka Hasim mendapati rumah warga yang dianggapnya sudah tidak layak dan membantunya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Sebagai Bhabinkamtibmas tentunya bertugas mengetahui permaslahan yang ada di lingkungannya. Ini lah yang dilakukan salah satu Bhabinkamtibmas langsung ke masyarakat dengan sistem dor to dor (DDS).

Dari kegiatan dor to dor tersebut, bhabinkamtibmas Desa Satui Barat Kecamatan Satui, Kabupaten Tanahbumbu, Bripka Hasim mendapati rumah warga yang dianggapnya sudah tidak layak. Dengan melaksanakan tugas sebagai Bhabinkamtibmas dia mendapati warga binaanya dan setelah melihat gubuk dengan dihuni 5 orang anggota keluarga.

Parahnya, pada saat itu, ternyata satu keluarga tersebut sedang kesulitan. Rumah yang ditinggali oleh Bulkiah (50) yang saat ini sedang sakit lumpuh akibat struk. Sementara 4 orang anaknya mengalami keterbelakangan mental. Melihat kondisi tersebut Bripka Hasim langsung berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Satui

Perempuan tua itu langsung mendapatkan pengobatan dengan mendatangi langsung gubuknya yang terbuat dari kayu. Tidak hanya itu, Bripka Hasim mempunyai rencana untuk bisa membuatkan rumah sederhana yang layak buat keluarga tersebut dan ia pun berkordinasi dengan Kapolsek Satui Iptu Apri dan mendapat dukungan penuh.

Setelah mendapatkan laporan dari Bripka Hasim, Kapolsek Satui langsung berkoordinasi dengan unsur muspika Satui. Tepatnya. Jumat ( 2/9/16), keluarga Bulkiah pun dipindahkan ke rumah yang layak dari hasil kerjasama muspika dan kepala Desa Satui Barat dan ketua Rt 8.

Sementara untuk perabotan rumah tangga tersebut diberikan bantuan oleh PT Usaha Bharata Josindo (UBJ) dan selama prusahaan tersebut beroperasi maka untuk makan sehari hari keluarga tersebut dibantu oleh pihak peusahaan. Selain pihak UBJ juga dibantu oleh PT GMK.

"Sesuai yang dibicarakan bersama dengan unsur muspika, semuanya akan dibantu baik pengobatan dan kebutuhan sehari-hari keluarga ibu Bulkiah,"kata Kapolsek Satui, Iptu Apri kepada BPost Online.

Apri juga mengatakan, keluarga tersebut Bulkiah yang saat ini menderita lumpuh dan anak-anaknya mengalami keterbelakangan mental, maka mereka pun tidak bisa memasak sendiri sehingga harus dibantu.

Hasil kerja keras Bripka Hasim saat ini bisa dinikmati oleh keluarga tersebut selain itupula kesehatan Bulkiah selalu di monitor oleh pihak Puakesmas Satui dengan cara mendatangi langsung ke rumahnya dan untuk anak-anak beliau juga diberikan pengobatan oleh pihak puskesmas.

"Hasil koordinasi pihak muspika dengan berkoordinasi dengan pihak Kabupaten Tanbu, rencananya anak berliau yang keterbelakangan mental akan segera bawa ke RS Sambang Lihum untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik,"kata Apri.

Penulis: Man Hidayat
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help