Seputar Kalteng

Mahasiswi IAIN Palangkaraya Jadi Duta RI ke Pemuda Asean

Asean Youth Initiatives 2016 sendiri merupakan kegiatan untuk memberikan kesempatan bagi para pemuda Asia Tenggara memberi gagasan atau ide besar

Mahasiswi IAIN Palangkaraya Jadi Duta RI ke Pemuda Asean
Istimewa
Norhidayah (berjilbab), mahasiswi Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah Jurusan Syariah Fakultas Syariah di IAIN Palangkaraya foto bersama beberapa utusan dari perguruan tinggi lain pada Forum Kepemudaan Negara Asean di Kuala Lumpur, Malaysia. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Satu lagi prestasi ditorehkan IAIN Palangkaraya. Ini setelah satu mahasiswanya, berhasil lolos untuk menjadi duta perguruan ke negeri jiran, Malaysia.

Dia adalah Norhidayah, mahasiswi Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah Jurusan Syariah Fakultas Syariah di IAIN Palangkaraya. Bersama 35 utusan dari perguruan tinggi lain di tanah air, mereka akan mewakili perguruannya untuk mengikuti Forum Kepemudaan Negara-negara Asean yang bertempat di University Technology Malaysia (UTM), Kuala Lumpur.

"Ini merupakan kebanggaan bagi kami karena Norhidayah mampu bersaing, tidak hanya di tingkat nasional tapi mampu menjadi duta RI ke level internasional. Kemampuan ini juga menjadi bukti konkret mutu IAIN sehingga bisa menjadi lebih baik dan terus berkembang sesuai tuntutan zaman," ujar Rektor IAIN Palangkaraya Ibnu Elmi AS Pelu, Jumat (2/9/2016).

Forum kepemudaan negara Asean itu digelar sejak 2-4 September 2016. Norhidayah sendiri selama ini dikenal sebagai mahasiswi yang aktif di bidang organisasi dan tercatat sebagai penerima beasiswa berprestasi dari kampusnya.

Asean Youth Initiatives 2016 sendiri merupakan kegiatan untuk memberikan kesempatan bagi para pemuda Asia Tenggara memberi gagasan atau ide besar terkait budaya, pendidikan, pengembangan ekonomi dan gerakan digital.

Ini dalam rangka membahas dan berbagi pikiran, aspirasi, dan problem solving terhadap masalah global yang terjadi di Negara-negara Asean.

Sebagai salah satu mahasiswa yang mewakili Indonesia dalam event dimaksud, Norhidayah berhasil bersaing dengan seluruh mahasiswa Asean dengan melalui tahapan seleksi yang ketat.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Persatuan Pelajar Indonesia Malaysia dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 2-4 September 2016 di University Technology Malaysia, Kuala Lumpur Malaysia yang juga dihadiri oleh para pemimpin Asean.

Dekan Fakultas Syariah IAIN Palangkaraya Syaikhu, menyatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan dan minat mahasiswa yang mengikuti ajang konferensi Internasional.

Tidak hanya itu, Fakultas Syariah yang telah melakukan kerja sama dengan University Utara Malaysia juga telah mempersiapkan program Student Exchange antara Fakultas Syariah dengan School of Law University Utara Malaysia.

FORUM KEPEMUDAAN NEGARA-NEGARA ASEAN yang bertempat di UNIVERSITY TECHNOLOGY MALAYSIA, KUALA LUMPUR MALAYSIA PADA PROGRAM ASEAN YOUTH INITIATIVES 2016

Norhidayah, Mahasiswa Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah Jurusan Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya menjadi salah satu perwakilan Indonesia pada ajang Forum Kepemudaan Negara-Negara ASEAN yang bertempat di University Technology Malaysia, Kuala Lumpur Malaysia pada Program ASEAN YOUTH INITIAVES 2016.

Mahasiswa yang kini duduk di Semester 5 yang dikenal aktif dalam kegiatan kepemudaan ini berhasil mengikuti kegiatan ASEAN YOUTH INITIATIVES 2016 yang memberikan kesempatan bagi para pemuda ASEAN untuk memberi gagasan atau ide besar tentang inisiatif pemuda ASEAN terkait Budaya, Pendidikan, Pengembangan Ekonomi dan Gerakan Digital dalam rangka membahas dan berbagi pikiran, aspirasi, dan problem solving terhadap masalah global yang terjadi di Negara-negara ASEAN.

Sebagai salah satu mahasiswa yang mewakili Indonesia dalam ASEAN YOUTH INITIAVES 2016, Noorhidayah berhasil bersaing dengan seluruh mahasiswa ASEAN dengan melalui tapan seleksi yang ketat.Kegiatan yang diprakarsai oleh Persatuan Pelajar Indonesia Malaysia dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 2-4 September 2016 di University Technology Malaysia, Kuala Lumpur Malaysia yang juga dihadiri oleh para pemimpin ASEAN.

Menurut H. Syaikhu, MHI selaku Dekan Fakultas Syariah IAIN Palangka Raya mendukung kegiatan dan minat mahasiswa yang mengikuti ajang konferensi Internasional, bahkan Fakultas Syariah yang telah melakukan kerja sama dengan University Utara Malaysia telah mempersiapkan program Student Exchange antara Fakultas Syariah dengan School of Law University Utara Malaysia. Hal ini merupakan upaya mewujdkan visi Fakultas Syariah yaitu

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help