Berita Tanahlaut

Libatkan Pelajar Tanami Pohon di Area Proyek RSUD Baru Pelaihari

Bupati Tanahlaut Bambang Alamsyah berkeinginan melibatkan kalangan pelajar dari TK hingga SMA sederajat, melakukan penanaman pohon.

Libatkan Pelajar Tanami Pohon di Area Proyek RSUD Baru  Pelaihari
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Di sekitar baliho inilah letak lahan yang direncanakan pemerintah kabupaten Tanahlaut sebagai lokasi pembangunan rumah sakit umum daerah baru di kelurahan Saranghalang, Kecamatan Pelaihari. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Bupati Tanahlaut Bambang Alamsyah berkeinginan melibatkan kalangan pelajar dari TK hingga SMA sederajat, melakukan penanaman pohon.

Penanaman pohon itu di kawasan rencana proyek pembangunan rumah sakit umum daerah yang baru di Jalan Nasional, Kelurahan Saranghalang, Kecamatan Pelaihari.

Bambang Alamsyah menegaskan dihadapan peserta musyawarah wilayah Asosiasi Rumah Sakit Daerah (Arsada) Kalsel, bahwa Pemerintah Kabupaten Tanahlaut yang membangun rumah sakit berkonsep green hospital.

Bambang ingin keberadaan fasilitas kesehatan publik itu sudah harus ada di Bumi Tuntungpandang dan dikenalkan sejak dini kepada kalangan pelajar. Caranya dengan melibatkan melaukan penanaman pohon serentak saat peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit baru tersebut.

Direktur RSUD Hadji Boejasin Pelaihari, Edy Wahyudi, membenarkan paling tidak, akhir September ini akan dimulai pengerjaan proyek fisiknya.

Sayangnya, saat didesak siapa pelaksana proyek pembangunan rumah sakit tersebut, Edy berkilah itu merupakan kewenangan Unit Layanan Pengadaan (ULP).

Benar kah konsep rumah sakit baru itu nantinya Green Hospital? Edy mengatakan dari luas lahan 10 hektare itu, pembangunan gedung hanya 40 persen. Sisanya 60 persen ruang terbuka hijau.

"Harapannya pasien yang dirawat tidak merasa berada di rumah sakit. Konsep itu juga akan meminimakkan serapan daya listrik karena terbuka," katanya di Balairung Tuntung Pandang, Jalan Pancasila, Kelurahan Pelaihari, Kamis (1/9/2016).

Ketua Arsada Kalsel, Abimayu sangat mendukung upaya pemerintah kabupaten Tanahlaut menyediakan sarana prasarana fasilitas kesehatan publik. Apalagi konsep green hospital itu sudah dilaksanakan dalam pembangunan rumah sakit baru di Kalsel.

"Rumah sakit di Kota Banjarbaru dan rumah sakit Hasan Basri di Kandangan sudah migrasi ke rumah sakit yang baru juga konsepnya green hospital," ujarnya.

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved