Berita Tanahlaut

Rumah Sakit Bermutu Menjaga Keselamatan Pasiennya

akreditasi itu adalah satu indikator untuk menilai satu rumah sakit itu bermutu. Bil sudah lulus akreditasi secara otomatis rumah sakit itu bermutu

Rumah Sakit Bermutu Menjaga Keselamatan Pasiennya
mukhtar wahid
Ransum jatah makan para karyawan dikumpulkan di meja lobi resepsionis RSUD Hadji Boejasin Pelaihari, beberapa waktu lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kalimantan Selatan wajib mengedepankan mutu pelayanan dan keselamatan pasiennya. Itu ditegaskan Ketua Asosiasi Rumah Sakit Daerah (Arsada) Wilayah Kalimantan Selatan, Abimanyu saat Musdawil Asosiasi Rumah Sakit Daerah Wilayah Kalimantan Selatan di Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut, Kamis (1/9/2016).

Upaya RSUD di wilayah Kalsel ini menjaga untuk tetap bermutu, menurut Abimanyu, harus diakreditasi dan lulus akreditasi. "Alhamdulillah, semua rumah sakit di Kalimantan Selatan ini semua sudah diakreditasi dan lulus akreditasi sesuai dengan tingkatan kelas rumah sakit," katanya, Kamis (1/9/2016).

Dijelaskan Abimanyu bahwa akreditasi itu adalah satu indikator untuk menilai satu rumah sakit itu bermutu. Bil sudah lulus akreditasi secara otomatis rumah sakit itu bermutu dan legal. Hanya saja untuk pelayanan bermutu dipengaruhi beberapa komponen.

"Komponen pertama adalah kelengkapan sarana prasarana. Tidak mungkin bermutu kalau sarana prasarana rumah sakit itu tidak lengkap. Komponen kedua adalah SDM yang berkompetensi. Pasien penyakit anak yang harus menanganinya dokter spesialis anak," ujarnya.

Komponen ketiga, melengkapi peralatan. Peralatan standar itu harus dalam melengkapi pelayanan bermutu. "Kalau rumah sakit itu kelas A atau kelas B memang memerlukan alat-alat canggih yang harus tersedia di rumah sakit," ujar Abimanyu.

Bagaimana mendapatkan peralatan medis yang canggih itu? Kenurut Abimanyu bisa dengan membeli sendiri atau bekerjasama dengan pihak ketiga.

Terkait masalah keselamatan pasien, Abimanyu menilai setiap gerakan atau tindakan dokter atau perawat harus punya dan sesuai standar operasional prosedur (SOP). "Diharapkan kalau penanganan pasien sesuai SOP tidak ada gangguan atau komplain dari pihak pasien atau keluarga pasien," katanya.

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help