Berita Kabupaten Banjar

Ini Alasan BMT Khairul Amin Martapura Bantu Modal Pedagang Subuh

Pengelola BMT yang berkantor di Jalan Keraton Tengah, Martapura, Kabupaten Banjar, kalsel ini ternyata punya alasan mengapa mengembangkan

Ini Alasan BMT Khairul Amin Martapura Bantu Modal Pedagang Subuh
hari widodo
BMT Khairul Amin 

BANJARMASINPOST.CO.ID.MARTAPURA – Pengelola BMT Khairul Amin mengembangkan program pembiayaan harian yang sasarannya mengarah kepada pedagang pasar subuh.

Pengelola BMT yang berkantor di Jalan Keraton Tengah, Martapura, Kabupaten Banjar, kalsel ini ternyata punya alasan mengapa mengembangkan program ini. Satu diantaranya, untuk membantu pedagang agar tidak terjerat praktik riba para rentenir.

Salah satu pengelola BMT Hamidah mengatakan, sengaja mengembangkan program pembiayaan harian ke Pasar Subuh saat mendengar cerita menyedihkan seorang pedagang pasar subuh di PPS Sekumpul.

Pedagang yang dikenalnya itu, terjerat rentenir. Mulanya, Dia pinjam Rp 10 juta dengan pembayaran Rp100 ribu sehari. Namun, bunganya terus meningkat bahkan sekarang mencapai Rp 40 juta.

Setiap hari, pedagang sayur itu harus membayar cicilan sehari Rp 400 ribu. Karena terbebani, pedagang ini pun sampai jatuh sakit. Terakhir, Dia mau menjual rumahnya.

“Badannya pun sampai kurus karena memikirkan hutang. Mendengar cerita itulah, kami kembangkan program pembiayaan harian ini. Mudah-mudahan, ini bisa membantu pedagang terhindar dari renternir,”ujar Hamidah.

Penulis: Hari Widodo
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help