Ekonomi dan Bisnis

Bisnis Rental Mobil Masih Menjanjikan

Sama seperti tahun sebelumnya, tarif sewa mobil setiap tahun baru meningkat 40 persen, dan tarif sewa normal kembali setelah tahun baru.

Bisnis Rental Mobil Masih Menjanjikan
bisnisukm.com
Ilustrasi

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Usaha rental mobil di Banjarmasin menjanjikan. Kondisi ekonomi yang lagi melesu tidak membuat jasa rental mobil gulung tikar.

Walau mengurangi penurunan pendapatan pada hari biasa, tetapi saat akhir pekan dan musim liburan, mobil selalu habis disewa.

Bendahara Koperasi Jasa Persewaan Mobil Gotong Royong Bundaran Hasanudin HM Banjarmasin, H Zulkifli, bisnis rental mobil masih bagus. Terlebih jika ada acara nasional yang digelar di Banjarmasin, maka semua unit habis disewa panitia.

Total mobil anggota Koperasi Jasa Persewaan Mobil Gotong Royong sebanyak 151 unit, jenis mobil yang tersedia seperti Toyota Avanza, Innova, Agya, Toyota Etios, Suzuki Splash, X-Over dan Suzuki Swift dan anggota Koperasi setiap bulan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 65 ribu.

Persewaan mobil pada tahun ini lebih menggeliat dibanding tahun lalu. Sama seperti tahun sebelumnya, tarif sewa mobil setiap tahun baru meningkat 40 persen, dan tarif sewa normal kembali setelah tahun baru.

Pengusaha sewa mobil lainnya yang tidak tergabung dalam Koperasi Gotong Royong, M Humaidi mengakui setiap akhir tahun mobil miliknya semua disewa. Pada tahun baru, tarif sewa juga mengalami kenaikan hingga 50 persen, seperti Avanza sehari bisa Rp 500 ribu.

"Naik semua kalau tahun baru, karena pemesanan rebutan. Saya memiliki empat unit mobil rental, dan tahun baru biasanya juga menggunakan sopir sendiri," imbuh Warga Jalan Pemurus Dalam Kertak Hanyar itu.

Pemilik Princess Car Rental, Arti Setianto mengatakan, mobil rental miliknya begitu jelang libur panjang sudah diboking jauh-jauh hari, seperti setiap Hari Raya Idul Fitri. Mereka bahkan sudah memberikan uang tanda jadi, agar mobil ready.

Diungkapkan pemilik rental mobil Margasana di Jalan Kompleks Bina Brata Jalan Manunggal II Kelurahan Kebun Bunga, Adhe Dharma. Dia mengatakan, usaha rental mobil yang dijalankannya sudah ada sejak dirinya masih duduk dibangku sekolah menengah pertama, kala itu orang tuanya menjalankan.

"Awalnya seingat saya dulu mobil Kijang Kapsul, dulu bapak yang menjalankan usaha rental mobil, kini meneruskan. Mobil yang saat ini disewakan tidak hanya avanza, tetapi juga Fortuner, Alphard, sedan Civic, Triton," katanya.

Namun diakuinya sempat sepi karena melesunya bisnis batubara, namun kini kembali menggeliat lagi bisnis rental mobil tersebut. Jika mobil avanza yang direntalkannya setiap hari ada saja peminatnya, sedangkan jenis mobil mewah seperti sedan Civic Honda, Toyota Alphard tergantung event.

Penulis: Hasby
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help