Ekonomi dan Bisnis

Pengelola Rental Mobil Pasang GPS untuk Keamanan

Penyewa syaratnya menyerahkan fotokopi KTP, fotokopi SIM, dan harus bersedia difoto sebelum membawa mobil dan memberitahukan nomor handphone keluarga

Pengelola Rental Mobil Pasang GPS untuk Keamanan
banjarmasinpost.co.id/yayu fathilal
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Usaha rental mobil resiko yang bakal terjadi adalah dibawa kabur penyewanya atau digelapkan alias dipindahtangankan. Pelaku usaha yang satu ini pun mengantisipasinya dengan cara memasang GPS pada mobil rental dan mengantongi kartu identitas si penyewa.

Pemilik Princess Car Rental, Arti Setianto mengatakan, mobil rental miliknya sudah dipasang GPS. Penyewa juga tentunya menyerahkan kartu identitas diri.

Penyewa syaratnya menyerahkan fotokopi KTP, fotokopi SIM, dan harus bersedia difoto sebelum membawa mobil dan memberitahukan nomor handphone keluarga yang bisa dihubungi.

"Mobil rental kami sudah ada GPSnya, begitu mengendarai diluar kesepakatan maka kami telepon. Atau jika batas waktunya habis, kalau lewat dua jam kami kenakan denda, 10 persen dari biaya sewa," jelasnya.

Pemilik rental mobil Margasana di Jalan Kompleks Bina Brata Jalan Manunggal II Kelurahan Kebun Bunga, Adhe Dharma mengatakan, syarat jika merental mobil di Margasana Rental jelas Adhe harus memiliki KTP, jaminan sepeda motor plus STNK wajib sama. Apabila terdapat perbedaan alamat pada KTP dan STNK, maka diwajibkan menyertakan akte keluarga.

Apabila penyewa dari perusahaan, maka wajib melampirkan surat keterangan dari perusahaan. Penyewa bulanan wajib membayar didepan sebelum penyerahan mobil yang disewa tersebut.

Bendahara Koperasi Jasa Persewaan Mobil Gotong Royong Bundaran Hasanudin HM Banjarmasin, H Zulkifli mengatakan, syaratnya menyerahkan KTP. Atau menjaminkan sepeda motor milik sendiri saat mengambil mobil.

"Sepeda motor jaminan, nama di STNK sama dengan di KTP. Semua berlaku, baik yang belum dikenal atau yang sudah dikenal," katanya. (*)

Penulis: Hasby
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved