Berita Tabalong

Petani di Tabalong Diajak Bisa Lakukan Dua Kali Tanam Setahun

Agar itu bisa terwujud maka diperlukan komitmen bersama, termasuk dari kelompok tani, terkait dari kebiasaan waktu penentuan awal melakukan tanam padi

Petani di Tabalong Diajak Bisa Lakukan Dua Kali Tanam Setahun
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MADROSID
Jajaran Kodim 1201/Mph di TNI-AD melaksanakan tanam padi serentak di Desa Peniraman Kecanatan Sungai Pinyuh, Senin (7/12/2015). Tanam padi serentak ini guna mewujudkan Mou TNI-AD bersama pemerintah pusat guna mewujudkan swasembada padi tiga tahun ke depan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Gerakan dua kali tanam dalam setahun saat ini sedang dilaksanakan di Kabupaten Tabalong.

Tujuannya tak lain agar petani bisa meningkatkan produksi dan pendapatan dari sawahnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Tabalong H Johan Noor Effendi mengatakan, dua kali tanam ini bisa diawali dulu antara padi dengan kedelai, padi dengan jagung hingga akhirnya padi dengan padi.

"Yang lebih diutamakan adalah padi dengan padi. Bila itu terwujud tentu bisa meningkatkan pendapatan petani‎ dan produksi beras," katanya.

Agar itu bisa terwujud maka diperlukan komitmen bersama, termasuk dari kelompok tani, terkait dari kebiasaan waktu penentuan awal melakukan tanam padi.

Saat ini kebiasaan mulai menanam padi dilakukan Januari, untuk dua kali tanam maka setidaknya harus diubah ke bulan Oktober.

"Ini yang perlu kita rancang dan sepakati dari atas sampai bawah," ujar Johan.

Penulis: Dony Usman
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help