Berita Tanahlaut

Ika dan Emelda Bingung Sertifikasi Lahannya

Namun, lahan rumah Emelda dan lahan milik orangtua Ika, ternyata belum didaftarkan ke Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Tanahla

Ika dan Emelda Bingung Sertifikasi Lahannya
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Ika Amalia, mahasiswi Politeknik Tanahlaut jurusan Teknologi Pertanian 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sejak pemberitan BPost Online tentang program Prona Sertifikat Gratis, telepon wartawan Banjarmasin Post Group di daerah Tanahlaut, kerap berdering.

Ternyata, dua netizen media sosial, Emelda Syahrul dan Ika Amalia baru mengetahui adanya program Badan Pertanahan Nasional (BPN), yaitu proyek nasional sertifikasi lahan tanpa biaya atau gratis, baik warga kaya maupun warga miskin.

Emelda Syahrul bahkan tidak mengetahui alamat atau letak Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tanahlaut.

"Oh, disinikah kantornya. Parak haja sekalinya lawan kantor bupati (ternyata dekat dengan kantor bupati,red)," kata warga Desa Ujungbaru, Kecamatan Batibati ini.

Emelda Syahrul, mengaku ingin mensertifikasi lahan rumahnya dan milik orangtunya di Desa Banuaraya. Lahan miliknya untuk diagunkan ke perbankan buat permodalan usaha, mendukung ekonomi suaminya.

"Letak lahannya di Desa Ujungbaru Kecamatan Batibati," kata Emelda.

Sedangkan Ika Amalia, mengaku lahan yang disertifikati milik orangtuanya. Tujuannya agar lahan milik orangtuanya legalitasnya jelas.

Namun, lahan rumah Emelda dan lahan milik orangtua Ika, ternyata belum didaftarkan ke Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Tanahlaut.

"Ternyata syarat untuk memohon sertifikat lahan harus melunasi pajak bumi dan bangunan (PBB)," kata Emelda kebingungan.

Kepala Seksi PBB pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Tanahlaut, Zulfuaddin membenarkan bahwa lahan yang disertifikasi harus lunas PBB.

"Kami tidak mengetahui lahan yang belum bayar PBB kalau tidak dilapori. Wajib pajak yang harus proaktif melaporkan luas lahannya agar bisa menentukan NJOPnya," kata pria yang kerap disapa Izul ini. (*)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved