Seputar Banjarmasin

NEWS VIDEO: Penjagal Hewan Dibekali Teknik Penanganan Hewan Kurban

Mesjid Aljihad sendiri bakal menyembelih sebanyak 71 sapi kurban. Jumlah ini sama seperti tahun lalu. "Alhamdulillah, ini jadi pengingat saja," katany

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sejumlah tukang jagal hewan kurban berkumpul di samping kandang sapi di Rumah Potong Hewan (RPH) Basirih, Selasa (6/9/2016). Mereka mengikuti pelatihan sebelum melaksanakan pemotongan hewan kurban.

Sebelum praktik, mereka diberi pengetahuan dengan narasumber Plt Kepala Dinas Peternakan Kalsel, Arifin Noor, Sekretaris MUI Kalsel, Fadhly Mansoer dan tim kesehatan Distankan Kota Banjarmasin.

Seorang panitia kurban Mesjid Aljihad, Subekti mengatakan, praktik seperti yang dicontohkan itu sudah beberapa tahun dilakukan di tempatnya. "Awalnya dirobohkan beramai-ramai. Sekarang sudah tahu caranya, gampang saja," katanya.

Mesjid Aljihad sendiri bakal menyembelih sebanyak 71 sapi kurban. Jumlah ini sama seperti tahun lalu. "Alhamdulillah, ini jadi pengingat saja," katanya.

Tim Kesehatan Distankan Kota Banjarmasin, drh Annang W mengatakan, teknik yang dilakukan tadi disebut burley. Teknik ini paling mudah dan aman. "Cukup satu orang sudah bisa merobohkan sapi," katanya.

Sebenarnya ada teknik lain yaknu rope squeeze. Namun, teknik ini lebih rumit dan dia menganjurkan untuk tak menggunakannya.

Ditambahkan Kepala Distankan, Doyo Pudjadi, sebanyak 40 tukang jagal diundang dalam pelatihan ini. Mereka tidak hanya diajarkan cara memotong sapi dengan mudah tapi juga mengetahui mengelola daging sapi setelah dipotong.

"Mereka diajarkan cara mengenali hati yang kerap terjangkit cacing pita. Lalu bagaimana cara menangani, dibuang atau bagaimana," jelasnya.

Bukan hanya itu, pelatihan ini juga sebagai antisipasi ketika petugas tak sempat memantau semua tempat pemotongan hewan kurban.(Banjarmasin Post/Murhan/Ratino Taufik)

Penulis: Murhan
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved