Berita Balangan

Sejak 2015, Jasa Pelayanan Tenaga Puskesmas Belum Dibayar

besaran uang jaspel memang tergantung seberapa banyak pasien yang dilayani, namun jumlah tersebut sangat dibutuhkan bagi seorang pelayan kesehatan.

Sejak 2015, Jasa Pelayanan Tenaga Puskesmas Belum Dibayar
SURYA/SUDARMAWAN
Ilustrasi pelanan pasisen di puskesmas 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Uang Jasa Pelayanan (Jaspel) untuk puskesmas yang ada di Balangan hingga saat ini belum juga diberikan oleh Dinas Kesehatan setempat.

Diketahui uang jaspel yang belum dibayarkan adalah tahun 2015, dan untuk tahun ini 2016 juga diketahui belum ada kejelasan.

Informasi diperoleh BPost dari salah satu dokter di Puskesmas Halong, dr Suminto mengungkapkan bahwa uang jaspel tahun 2015 belum dibayarkan.

Seperti diketahui besaran uang jaspel memang tergantung seberapa banyak pasien yang dilayani, namun jumlah tersebut sangat dibutuhkan bagi seorang pelayan kesehatan.

"Ini hak, semestinya harus diperhatikan, kami sudah menanyakan tahun lalu, alasannya lupa untuk dianggarkan," ujarnya.

Padahal menurutnya puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di lapangan, harusnya hal semacam uang jaspel harus jelas diberikan.

"Kami ingin ada perhatian serius dari Dinkes setempat," ujarnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Humam Arifin mengakui tahun 2015 kemarin uang jaspel untuk tenaga di puskesmas di Balangan tidak diberikan karena keterbatasan anggaran.

Menurutnya pencairan uang jaspel untuk 2015 akan dimasukkan di 2016, sedangkan pada anggaran tahun 2016 ini menurut rencana disusun pada anggaran perubahan.

"Sudah kami usulkan di anggaran perubahan, yang 2015 akan digabung dengan 2016," pungkasnya.(*)

Penulis: Elhami
Editor: Mustain Khaitami
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help