Dinas Peternakan Pastikan Sapi Kurban di Kalsel Bebas Virus Berbahaya

Dinas Peternakan Provinsi juga memantau proses penyembelihan hewan untuk memastikan tata cara penyembelihan sudah sesuai dengan aturan.

Dinas Peternakan Pastikan Sapi Kurban di Kalsel Bebas Virus Berbahaya
banjarmasinpost.co.id/kompas.com
Ilustrasi -Sapi-sapi untuk kurban 

BANJARMASIN, BPOST. CO.ID -  Dinas Peternakan Kalsel memastikan seluruh sapi yang akan dijadikan hewan kurban pada Iduladha nanti dinyatakan aman atau bebas dari virus yang membahayakan. Kepastian itu setelah pihak Dinas Peternakan melakukan pemeriksaan selama satu minggu terakhir.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan, Arifin Noor, Sabtu (10/9/2016) mengatakan pihaknya gencar melakukan pantauan untuk mengantisipasi masuknya hewan ternak yang menderita penyakit berbahaya. Seperti antraks, cacing hati, dan bebas dari cacat .

Arifin menambahkan pemantauan bahkan juga dilaksanakan hingga satu hari sebelum Hari Raya Iduladha. Peluang masuknya hewan ternak yang tidak sehat dapat dihindari sebelum proses penyembelihan dilakukan Lebih lanjut, ujarnya.

Dinas Peternakan Provinsi juga memantau proses penyembelihan hewan untuk memastikan tata cara penyembelihan sudah sesuai dengan aturan.

Mengacu data milik Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan tahun ini jumlah hewan yang dikurbankan mencapai 12 ribu lebih baik sapi maupun kambing.

Sebanyak 60 persen lebih hewan ternak telah didatangkan dari daerah sentra penghasil ternak seperti Kabupaten Tanah Laut dan Barito Kuala. Sedangkan 40 persen sisanya masih didatangkan dari Bali, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Barat.

"Seminggu ini kita sudah memantau, Dimana selain dari dokumen Surat Kesehatan Hewan (SKH) laporan tersebut berdasarkan pantauan langsung ke seluruh Rumah Potong Hewan RPH dan penampunangan hewan di provinsi, dan dinyatakan aman untuk konsumsi," terang Ariffin Noor. (*)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved