Penasaran dengan Rupa-rupa Soto Daging? Yuk, Simak Ulasannya Berikut Ini!

Soto adalah hidangan berkuah yang mirip dengan sup, tapi lebih berbumbu. Warnanya bisa kuning atau putih.

Penasaran dengan Rupa-rupa Soto Daging? Yuk, Simak Ulasannya Berikut Ini!
net
Soto Daging 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Soto adalah hidangan berkuah yang mirip dengan sup, tapi lebih berbumbu. Warnanya bisa kuning atau putih. Tekstur kuahnya bisa jernih, bisa juga keruh. Soto merupakan hidangan tradisional Indonesia yang sangat popular. Banyak daerah di Indonesia yang memiliki hidangan soto khasnya. Nah, berikut ini beragam rupa-rupa soto daging yang harus Anda tahu.

Bumbu Soto

Biasanya terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan kunyit. Pada beberapa soto yang lain, bumbu ditambahkan kemiri, ketumbar, jintan, atau bahan lainnya. Bahan penambah aroma yang biasa ditambahkan adalah daun salam, serai, dan daun jeruk.

Kunci Kelezatan Soto

Terletak pada kuahnya. Kuah harus berkaldu dan gurih. Untuk mendapatkan kaldu seperti itu, rebus daging di dalam air dingin. Perebusan di air dingin membuka pori-pori daging/ tulang, sehingga kaldunya keluar.

Kaldu yang enak hanya berasal dari ayam atau daging, bukan jeroan. Air rebusan jeroan sebaiknya tidak digunakan. Merebus daging diawali di atas api sedang. Setelah setengah matang, kecilkan api dan biarkan sampai kuahnya berkaldu.

Keruh atau Bening

Sebagian soto ada yang berkuah keruh, dan sebagian lain bening. Soto yang berkuah bening dibuat tanpa kemiri. Sedangkan, soto yang berkuah keruh dibuat dengan tambahan kemiri. Soto tanpa kemiri rasanya lebih ringan, dibandingkan soto dengan kemiri yang lebih kental dan gurih.

Putih atau Kuning

Ciri khas soto berwarna kuning, tetapi beberapa soto berwarna putih. Kunyit menjadi bahan utama dalam pembuatan soto berkuah kuning.

Bersantan atau Jernih

Soto Indonesia bisa dilihat dari kuahnya, ada yang bersantan dan ada juga yang jernih/ tidak bersantan. Soto bersantan bisa kuning, bisa juga pucat. Rasa soto bersantan jauh lebih gurih, karena dibuat dari campuran kaldu dan santan. Sedangkan, soto tanpa santan rasanya tergantung dari kaldu dan bumbu yang digunakan saja.

Cara Menyajikan

Soto disajikan dalam keadaan panas, biasanya dengan tambahan telur rebus/ pindang, perkedel kentang, dan sate jeroan. Bawang goreng, irisan daun bawang, seledri, dan emping goreng biasanya digunakan sebagai bahan taburan pada soto. Soto juga biasanya disajikan dengan tambahan irisan jeruk nipis/ limau, kecap manis, sambal cabai rawit, dan acar. (SP/ SCI)

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help