Kriminalitas

Ternyata Ini Kejahatan Nomor Satu di Banjarmasin

Kelalaian pemilik motor juga satu faktor yang kerap dimanfaatkan pelaku curanmor. Misal, sepeda motor yang lupa dikunci stang

Ternyata Ini Kejahatan Nomor Satu di Banjarmasin
BPost Group
Tersangka pencurian kendaraan bermotor saat gelar kasus 

BANJARMASIN, BPOST - Kasus pencurian sepeda motor (curanmor) di wilayah hukum Kota Banjarmasin masih menjadi perhatian serius aparat kepolisian. Apalagi pada tahun lalu, kasus ini menempati rangking pertama sebagai kasus yang paling banyak dilaporkan masyarakat kepada petugas kepolisian.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun BPost menunjukkan, sekitar 221 kasus yang dilaporkan warga masyarakat terkait pencurian sepeda motor dengan beragam modus para pelaku yang tak serta merta kesengajaan dan niat. Di samping itu, kasus yang tak kalah menonjol adalah penganiayaan berat sebanyak 88 kasus, pembunuhan sebanyak 16 kasus dan 59 kasus jambret.

Mereka juga kadang memanfaatkan kelalaian masyarakat. Misal, motor yang lupa dikunci stang atau motor yang lupa dicabut kunci kontaknya. Ini jadi satu momen, dimana muncul niat para pelaku beraksi.

Maka itu, aparat kepolisian senantiasa, mengimbau kepada masyarakat untuk waspada akan kasus pencurian sepeda motor. Sebagaimana yang diungkapkan Kasat Reskrim Polresta Banjarmasin AKP Arief Prasetya kepada BPost.

"Kelalaian pemilik motor juga satu faktor yang kerap dimanfaatkan pelaku curanmor. Misal, sepeda motor yang lupa dikunci stang juga kunci kontak yang lupa dicabut dan ditinggalkan begitu saja. Maka itu, waspadalah dan jangan lalai," kata Arief.

Baca selengkapnya di BPost edisi Jumat (16/9/2016). (*)

Penulis: M Fadli Setia Rahman
Editor: Moh. Choiruman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help