Berita Hulu Sungai Selatan

Ketahuan Bakar Ladang, Warga Lokdaso Ditangkap Anggota Polsek

"Lahan yang dibakar adalah lahan kebun karet yang sudah tidak produktif lagi, kemudian ditebang dan dibakar untuk ditanami padi"

Ketahuan Bakar Ladang, Warga Lokdaso Ditangkap Anggota Polsek
hanani
Lahan yang dibakar di Desa Loksado Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan 

BANJARMASINPOST.CO.ID KANDANGAN- Penangkapan terhadap petani yang membersihkan ladang dengan cara membakar, kembali dilakukan. Setelah menangkap dua warga Batubini, Kecamatan Padang Batung, Kamis, anggota Polsek Loksado sekitar pukul 16.30 Wita menangkap lagi Jonius (37) warga Balai Urui, Desa Loksado Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Kasubbag Humas Polres HSS AKP Agus Winartono, Jumat (16/9/2016) menjelaskan, petani ladang berpindah itu diamankan setelah anggota Polsek Loksado melaksanakan kegiatan patroli dialogis sekaligus membagikan maklumat Kapolda Kalsel tentang larangan Karhutla yang dipimpin langsung Kapolsek Loksado Ipda Kristian Safari.

"Lahan yang dibakar adalah lahan kebun karet yang sudah tidak produktif lagi, kemudian ditebang dan dibakar untuk ditanami padi. Adapun luas lahan yang dibakat sekitar kurang lebih 50 x 80 meter," kata Agus Winartono.

Anggota Polsek pun memasang garis polisi di lahan yang dibakar serta engamankan pemilik lahan.

Dijelakskan Agus Winartono, tindakan itu sesuai arahan dan perintah Kapolda Kalsel pada saat melakukan kunjungan atau pengecekan posko taktis dipolres HSS beberapa waktu lalu.

Menurut Agus, kapolda meminta warga maupun perusahan yang melakukan pembakaran hutan atau lahan ditindak tegas dan tak hanya diberi teguran. "Saat ini pelaku Jonius masih diperiksa di kantor Polsek Loksado," ungkap Agus.

Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved