Berita Regional

Wow! NTT Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2016

"Kita berhasil menjadi juara umum dengan membawa pulang tiga gold, satu silver dan satu bronze"

Wow! NTT Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2016
kompas.com
Pantai Nemberala Kabupaten Rote Ndao 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUPANG - Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil meraih juara umum Anugerah Pesona Indonesia tahun 2016, kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT Marius Ardu Jelamu, Sabtu.

"Kita berhasil menjadi juara umum dengan membawa pulang tiga gold, satu silver dan satu bronze," katanya kepada Antara saat dihubungi dari Kupang, Sabtu pagi.

Ia menjelaskan, saat ini dirinya bersama Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya masih berada di Jakarta seusai menerima penganugerahaan Pesona Indonesia yang telah dilakukan pada Jumat kemarin.

Ardu Jelamu menambahkan dari 10 kategori yang dilombakan, NTT masuk dalam nominasi enam kategori dan berhasil menjadi juara satu untuk beberapa ketegori.

Kategori tempat wisata yang berhasil diraih NTT, adalah Kategori Tempat Berselancar Terpopuler (Most Popular Surfing Spot), juara satu berhasil diraih oleh Pantai Nemberala Kabupaten Rote Ndao, Kategori Tujuan Wisata Terpopuler Kebersihannya (Most Popular Cleanliness), juara satu berhasil diraih oleh Pantai Nihiwatu Kabupaten Sumba Barat.

Kemudian untuk kategori situs sejarah terpopuler (Most Popular Historical Site), juara satu diraih oleh situs Bung Karno Ende, kategori tempat menyelam terpopuler (Most Popular Diving Spot), juara satu berhasil diraih oleh Pulau Alor di Kabupaten Alor.

Sementara itu untuk kategori atraksi budaya terpopuler (Most Popular Cultural Atraction), atraksi budaya Pasola di Sumba Barat Daya berhasil menempati urutan kedua, kemusian kategori dataran tinggi terpopuler (Most Popular Highland), danau tiga warna di Gunung Kelimutu Ende menempati uruan ketiga.

Ia mengatakan penganugerahan yang langsung diberikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya itu merupakan sebuah kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat di NTT.

"Dengan adanya juara umum ini artinya wisata NTT sudah mulai dikenal banyak orang, bukan hanya lokal tetapi dunia," ujarnya.

Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia, serta mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah untuk lebih berupaya mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing.

Editor: Didik Trio
Sumber: Antara News
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved