Pemerintah Memperlonggar Transfer ke Daerah Khususnya DAU

Termasuk di dalamnya, belanja transfer ke daerah, khususnya anggaran dana alokasi umum (DAU). Sebelumnya, pemerintah memang memutuskan untuk menunda

Pemerintah Memperlonggar Transfer ke Daerah Khususnya DAU
kontan
Uang Rupiah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Salah satu alasan pemerintah memperlebar batas defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016 menjadi 2,7% agar momentum pertumbuhan ekonomi tetap terjaga. Salah satunya melalui belanja pemerintah, baik untuk pusat atau daerah.

Termasuk di dalamnya, belanja transfer ke daerah, khususnya anggaran dana alokasi umum (DAU). Sebelumnya, pemerintah memang memutuskan untuk menunda penyaluran DAU sebesar Rp 19,4 triliun.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Suahasil Nazara mengatakan, sebagian alokasi DAU akan tetap disalurkan. "Tentu dengan memperhatikan kemampuan keuangan pemerintah," katanya, Minggu (18/9).

Saat ini, detail jumlah DAU yang tidak jadi ditunda pengucurannya masih dibahas di Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan. Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan penyaluran DAU di 169 daerah bakal ditunda.

Editor: Didik Trio
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved