Berita Banjarbaru

Ini Penyebab Deteksi Hotspot Bisa Meleset dari Satelit

Yang sangat berpengruh adalah adanya awan dan lintasan satelit (blank area) yang menyebabkan titik panas tidak terdeteksi sebagai hotspot

Ini Penyebab Deteksi Hotspot Bisa Meleset dari Satelit
banjarmasinpost.co.id/nia kurniawan
Titik api dan kabut asap dari pantauan satelit 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Tingkat peka pantauan Satelit Aqua Terra terhadap hotspot bisa saja terganggu kondisi tertentu, hal ini disampaikan Forecaster BMKG Bandara Syamsudin Noor, Riza Arian, Selasa (20/9/2016).

Termasuk, deteksi hotspot di dataran tinggi atau dalam kondisi dataran rendah juga berbeda.

"Pada prinsip Satelit Terra Aqua mendeteksi temperatur berdasarkan algoritma dan treshold tertentu, selama ada temperatur yang lebih panas dari sekitarnya akan diidentifikasi sebagai suatu hotspot.

Yang sangat berpengruh adalah adanya awan dan lintasan satelit (blank area) yang menyebabkan titik panas tidak terdeteksi sebagai hotspot," kata Riza.

Dikatakannya data modis dari Terra Aqua masih memiliki kelemahan dalam menentukan zona / titik potensi, krn data citra modis kadang masih mengalami gangguan oleh awan, garis2, dan pancaran sinar matahari.

"Sehingga info yang diperoleh kadang kurang sesuai. Namun lebih mewakili karena bnyak spektral panjang gelombang, teliti dalam melihat cakupan lahan dan menghasilkan info parameter yg lebih baik," katanya. (*)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved