Seputar Kalteng

Disdukcapil Kapuas Genjot Cetak Kartu KIA

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas, kini terus melakukan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA).

Disdukcapil Kapuas Genjot Cetak Kartu KIA
banjarmasinpost.co.id/jumadi
Sekretaris Disdukcapil Kapuas Agus Danang memperlihatkan proses pembuatan dan percetakan Kartu KIA. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas, kini terus melakukan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA).

Sebab Kabupaten Kapuas merupakan salah satu dari dua kabupaten di Kalteng yang dipercaya dan merupakan percontohan untuk pembuatan KIA.

Kepala Dinas Disdukcapil Kabupaten Kapuas, melalui Sekretarisnya Agus Danang, Rabu (21/9/2016) mengatakan, untuk pembuatan kartu KIA sampai kini terus dikebut. Sehingga tak ada lagi anak yang tidak terlayani.

Disebutkannya untuk melakukan pencetakan kartu KIA dalam sehari bisa mencetak antara 50 sampai 100 keping KIA.

Diakui Agus Danang ada sedikit keterlambatan, yakni melakukan edit foto, sehingga waktu mengedit mengalami keterlambatan.

"Misalnya dalam satu foto diedit 2 sampai 3 menit, maka kalau dalam sehari foto yang harus diedit ada 20 foto, maka berapa menit waktu yang terpakai hanya mengedit foto saja. Sebab dari 50 foto yang masuk, ada diantaranya 20 foto yang harus diedit," terang mantan Camat Basarang ini.

Untuk saat ini KIA yang sudah terdaftar berjumlah 66 ribu dan yang siap diproses berjumlah 128 ribu yang merupakan target awal.

"Untuk anak-anak di bawah umur 5 tahun kurang satu minggu tidak menggunakan foto. Kemudian bagi anak-anak di atas 5 tahun diwajibkan memakai foto,"Tambah Agus Danang. (*)

Penulis: Jumadi
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved