Seputar Banjarmasin

Di Puskesmas Alalak Ini Ada Tempat Khusus Bagi Penderita Gizi Buruk

"Ya, ditangani di puskesmas masing-masing, kalau belum maksimal baru dirujuk ke sini dan kami ada tempat khusus untuk penanganan gizi buruk"

Di Puskesmas Alalak Ini Ada Tempat Khusus Bagi Penderita Gizi Buruk
net

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Penanganan gizi buruk disediakan tempat khusus yakni di Puskesmas Alalak Selatan. Bagi penderita gizi buruk diarahkan dirawat di sana selama 14 hari.

Meski pasien gizi buruk yang notabene adalah balita itu adalah rujukan dari puskesmas-puskesmas lain juga. Sebagaimana diungkapkan Kepala Puskesmas Alalak Selatan, Dokter Fajar Sukma Nan Agung kepada BPost Online.

"Ya, ditangani di puskesmas masing-masing, kalau belum maksimal baru dirujuk ke sini dan kami ada tempat khusus untuk penanganan gizi buruk," kata Dokter Fajar.

Disebutkannya, tempat khusus yang dimaksud yakni, Pusat Pemulihan Gizi (PPG) atau Therauphetic Feeding Centre (TFC). Penanganan penuh selama 14 hari akan dilakukan di puskesmas yang berlokasi di‎ Komplek Dasamaya II RT 16 Blok K Banjarmasin tersebut.

"Tak ada biaya, atau gratis. Bahkan orangtua atau pendamping juga diberi dana untuk mendampingi yang digunakan untuk makan sehari-hari," bebernya.‎

‎Penanganan untuk gizi buruk, hasilnya beragam. Ada yang cepat maksimal, ada juga yang lambat dalam hal kemajuannya. ‎

"Bagi yang belum maksimal kemajuannya, harusnya ada penambahan hari lagi. Namun dana terbatas dan cuma untuk 14 hari itu," jelasnya.‎

Selama 2016, ada sembilan pasien gizi buruk yang ditangani. Terakhir, dua bulan lalu dan saat BPost bertandang sedang tidak ada pasien gizi buruk.‎

"Ini layanan yang disediakan bagi semua yang ingin anak mereka sembuh. Namun kadang kala orangtua enggan membawa anaknya lantaran masalah waktu, dimana selama 14 hari harus menunggui di sana, sementara mereka mengaku juga harus kerja untuk kebutuhan lain," tukasnya.

Dalam ruang perawatan khusus itu ada lima ranjang yang disiapkan. Juga ada mainan anak, agar tidak bosan. Untuk tim yang menangani, terdiri dari satu dokter, tiga ahli gizi dan tiga perawat.‎

Lalu apa ada cara khusus penanganan? Kepala Puskesmas Alalak Selatan menyebut, ada yakni dengan diberikannya formula khusus.

"Namanya formula75 dan formula 100. Kami berikan berkala, empat jam sekali. Dimulai dari formula 75 dengan waktu yang disesuaikan kemajuan, baru formula 100," jelas Dokter Fajar.‎

Tentunya ini harus dalam pengawasan tim. Agar semua asupan sesuai porsi. Jangan sampai ada tambahan asupan dari makanan yang selain seharusnya, misal makanan yang dibawa dari luar.

‎Menutup perbincangan, bagi siapapun yang punya anak atau keluarga yang mengalami gizi buruk agar jangan sungkan datang ke puskesmas, untuk ditangani secara tepat oleh orang yang tepat.

Penulis: M Fadli Setia Rahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved