BanjarmasinPost/

Ingin Menikmati Terumbu Karang? Coba di Objek Wisata Batu Anjir Pantai Angsana

Dari tahun 2006 hingga sekarang, tempat ini menjadi destinasi wisata unggulan yang dikelola oleh Pokamaswas setempat.

Ingin Menikmati Terumbu Karang? Coba di Objek Wisata Batu Anjir Pantai Angsana
Banjarmasin Post Group/Man Hidayat`
Beberapa pengunjung sedang menikmati Objek Wisata Batu Anjir di Pantai Angsana. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Belum lama ini, Objek Wisata Batu Anjir dengan terumbu karangnya di Pantai Angsana membawa berkah bagi nelayan setempat dan sekitarnya.

Bagaimana tidak, dari tahun 2006 hingga sekarang, tempat ini menjadi destinasi wisata unggulan yang dikelola oleh Pokamaswas setempat.

Dengan adanya Batu Anjir ini, menjadikan perubahan bagi masyarakat desa Angsana, Kecamatan Angsana, Tanah Bumbu, Kalsel.

Batu Anjir, itulah namanya. Ia terletak pada 3° 48.670' Lintang Selatan dan 115° 36.948' Bujur Timur dengan jarak ± 3,23 mil dari pesisir pantai Angsana.

Batu Anjir tergolong gugusan karang yang timbul pada saat air mengalami pasang surut terendah. Berdasarkan informasi dan pengamatan di lapangan, diperkirakan Batu Anjir ini luasnya mencapai 6 ha.

Eko Prio Raharjo SPi, Koordinator Penyuluh Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu menyebutkan, Penyuluh Perikanan, yang secara langsung terlibat dan mempunyai peran besar bersama dengan banyak institusi pemerintah, telah bersama-sama merintis bersama masyarakat setempat hingga objek wisata Batu Anjir mulai dikenal masyarakat.

"Harapan kedepannya melalui objek wisata Batu Anjir, tercapai peningkatan pendapatan masyarakat," sebut Eko.

Dikatakan Eko, keberadaan Batu Anjir, berada di kedalaman ± 0 8 m menjadikan ia layak untuk dikunjungi oleh wisatawan untuk melakukan snorkeling.

Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, yaitu pertama, karena Batu Anjir ini terletak agak ke tengah (±3,23 mil dari pantai) menyebabkan kondisi perairan relatif lebih jernih dari pada di Karang Kima, yang letaknya agak ke tepi dari Batu Anjir (±2,0 mil dari pantai) hingga letaknya agak jauh dari muara sungai Angsana.

Kedua, jika air pasang surut terendah, Batu Anjir akan timbul ke permukaan air laut hingga daerah yang timbul menjadi pelindung dari gempuran ombak.

Halaman
12
Penulis: Man Hidayat
Editor: Muhammad Yamani
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help