Ini Dia Penyebab Mulut Kering dan Bagaimana Mengatasinya

"Bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit periodontal berkembang dalam lingkungan yang kering"

Ini Dia Penyebab Mulut Kering dan Bagaimana Mengatasinya
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Selama ini, kita beranggapan mulut kering bukan masalah kesehatan yang lebih serius. Tapi, sebenarnya tubuh Anda menempatkan air liur dalam mulut Anda karena suatu alasan.

"Bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit periodontal berkembang dalam lingkungan yang kering," kata Matt Messina, D.D.S., seorang dokter gigi di Cleveland dan juru bicara American Dental Association (ADA).

Penyakit periodontal seperti gigi berlubang dan penyakit gusi, bisa berdampak serius. Beberapa penelitian menunjukkan, peradangan sistemik di area oral dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Sakit tenggorokan, gangguan bicara atau menelan, dan sensasi terbakar di mulut Anda adalah juga gejala dari mulut kering, menurut ADA.

Untuk semua alasan ini, mulut kering adalah suatu kondisi yang merusak yang dapat menyebabkan banyak masalah lain jika tidak ditangani. Mulut kering bisa disebabkan oleh masalah-masalah berikut ini.

1. Obat-obatan

Dr Messina mengatakan, ada lebih dari 600 obat yang menimbulkan efek mulut kering. Di antaranya adalah obat kategori uberpopular seperti obat masalah pencernaan, obat tekanan darah, dan obat-obatan yang digunakan untuk mengobati gangguan kejiwaan.

2. Penuaan

"Seiring dengan bertambahnya usia, kelenjar ludah kita hanya tidak bekerja dengan baik sebagaimana mestinya," kata Dr Messina.

"Akibatnya, produksi air liur jadi lebih sedikit dan mengakibatkan mulut kering.

Halaman
123
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved